TribunMedan/

Sediakan Bahan Pendidikan Karakter, Kemendikbud Ajak Partisipasi Putra Daerah

Dewi Indrawati, Kasubdit Pengetahuan dan Ekspresi Budaya Tradisional mengutarakan, acara ini adalah upaya dari Kementrian Pendidikan untuk menyajikan

Sediakan Bahan Pendidikan Karakter, Kemendikbud Ajak Partisipasi Putra Daerah
Tribun Medan / Royandi
Suasana pembukaan Lokakarya Analisis Konteks Pengetahuan Tradisional Dan Ekspresi Budaya Tradisional Berbasis Muatan Lokal Di Provinsi Sumatera Utara, Kamis (3/8/2017). (Tribun Medan / Royandi) 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Royandi Hutasoit

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kementrian Pendidikan Repubulik Indonesia menggelar Lokakarya Analisis Konteks Pengetahuan Tradisional Dan Ekspresi Budaya Tradisional Berbasis Muatan Lokal Di Provinsi Sumatera Utara, Kamis (3/8/2017).

Acara ini dilangsungkan di Hotel Polonia, dan sudah dimulai pada Rabu malam (2/8/2017) dan berakhir pada Jumat (4/8/2017) pagi.

Dalam acara ini puluhan guru yang berasal dari sekolah dari berbagai daerah di Sumatera Utara turut dihadirkan.

Dewi Indrawati, Kasubdit Pengetahuan dan Ekspresi Budaya Tradisional mengutarakan, acara ini adalah upaya dari Kementrian Pendidikan untuk menyajikan bahan bahan ajar dan bahan bacaan yang berisikan budaya lokal yang banyak mengandung nilai-nilai luhur bangsa.

Baca: DL Sitorus Dikabarkan Meninggal Dunia di Pesawat

"Nilai-nilai luhur bangsa ini adalah hal yang sangat bagus untuk pendidikan karakter anak-anak bangsa ini," ujarnya.

Dalam penulisan bahan bacaan dan bahan ajar ini, Kemendikbud melibatkan Doktor Antropologi setempat sebagai penulisnya. Para penulis ini dibebaskan untuk menulis berdasarkan pengalaman lapangan, pengetahuan dan perjalanan mereka.

"Kenapa mereka yang dipilih karena mereka yang paham dan mengetahui budaya setempat. Nanti di semua provinsi demikian. Rencana kita ada di 34 provinsi. Namun tahun ini kami pilih secara random di Sumatera Utara, Sulawesi Utara dan Bali," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa nantinya para guru yang mereka datangkan dalam loka karya ini akan dibekali oleh penulis-penulis lokal untuk mempersiapkan materi bahan ajar di mana dia mengajar sehingga bisa lebih mudah dimengerti para siswanya.

Halaman
12
Penulis: Royandi Hutasoit
Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help