TribunMedan/

Ini Sejumlah Koleksi Benda Bersejarah di Museum Negeri

Di lantai dua bangunan, di bagian tengah bagunan terdapat delapan pasang patung yang mengenakan delapan pakaian pengantin dari suku yang ada di Sumut

Ini Sejumlah Koleksi Benda Bersejarah di Museum Negeri
Tribun Medan / Mustaqim
Dua orang pelajar SMP melihat satu koleksi yang terdapat di Museum Negeri Sumut berupa replika manusia purba, Sabtu (12/8/2017).(Tribun Medan / Mustaqim) 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Mustaqim Indra Jaya

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Museum Negeri Sumatera Utara menyimpan sejumlah benda-benda bersejarah, pengetahuan dan kebudayaan yang ada di provinsi Sumut.

Bila kita berkunjung dan melewati pintu masuk, maka akan ada dua arca berumur ratusan tahun yang dipajang di sana.

Sekitar dua puluh langkah menuju ke utara bangunan atau ruang tengah bangunan museum maka pengunjung dapat melihat replika manusia pra sejarah, perkakas manusia purba, dan hewan khas Sumut seperti Harimau Sumatera, Ular Sawah, Trenggiling dan Biawak.

Baca: Penipuan Mirip Dimas Kanjeng, Misdi Raup Rp 100 Juta dengan Modus Baru Ini

Di bagian barat bangunan terdapat foto-foto seluruh tokoh yang pernah menjabat Gubernur Sumut. Sedangkan dibagian timur bangunan terdapat peti mati kerajaan khas Nias.

Di lantai dua bangunan, di bagian tengah bagunan terdapat delapan pasang patung yang mengenakan delapan pakaian pengantin dari suku yang ada di Sumut diantaranya Melayu, Angkola, Tapanuli Pesisir, Batak Toba, Karo, Nias

Sedangkan di timur bangunan lantai dua terdapat duplikat pengrajin/penenun ulos, duplikat penari dan replika pemain musik khas Sumut.

Baca: Hotel Grand Antares Dijaga Ketat Polisi Katanya Akan Ada . . .

Untuk dibagian barat bangunan di lantai tersebut terdapat replika rumah adat dan sejumlah peralatan persawahan, berburu dan lainnya yang dipakai manusia masa lampau.

Pantauan Tribun, seluruh koleksi yang terdapat di Museum Negeri Sumatera Utara itu dikemas dengan menggunakan lemari kaca.

(cr8/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help