TribunMedan/

SSN Bina Wirausaha Muda dan Pemberdayaan UMKM

Digagas oleh Rendy Saputra, berpusat di Bogor, Roadshow Saudagar Nusantara akan digelar di 38 titik di Indonesia pada Juli hingga Oktober.

SSN Bina Wirausaha Muda dan Pemberdayaan UMKM
Tribun Medan / Silfa
Kegiatan Roadshow Saudagar Nusantara di Bogor 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Silfa Humairah

TRIBUN-MEDAN.com - Menelisik banyaknya kesempatan wirausaha di Indonesia, Serikat Saudagar Nusantara (SSN) dibentuk untuk konsen dalam membina dan melahirkan saudagar-saudagar baru atau wirausaha wirausaha baru dari semua kalangan masyarakat khususnya anak muda.

Di sini, komunitas meperjuangkan kemandirian perekonomian masyarakat dengan menyuguhkan konsep program pembinaan wirausaha dengan sistem pembinaan peserta dengan suasana komunitas yang selalu memberi inspirasi, motivasi dan inovasi.

Baca: Usai Menonton Festival Musik We The Fest 2017, Akun Facebook Jokowi Diserbu Netizen, Ada Apa?

Jadi kegiatannya ada seminar workshop ke kota-kota dengan mengumpulkan UMKM senusantara untuk berjejaring dan bisa berkembang.

Setiap kota punya koordinator pusat, kata Koordinator Kota Medan, Kharunnisa.

Digagas oleh Rendy Saputra, berpusat di Bogor, Roadshow Saudagar Nusantara akan digelar di 38 titik di Indonesia pada Juli hingga Oktober.

Kemudian dipertemukan pada Festival Saudagar Nusantara dan Kopdarnas Saudagar Nusantara untuk memperkenalkan dan memaparkan hasil dari roadshow.

Kalau di Medan akan digelar pada6 Oktober. Sedangkan event yang sudah berlangsung ada 2 kota yakni di Malang dan Kebumen.

"Mentoring atau pembinaan anggota Saudagar Nusantara akan dikembalikan ke wilayah. Jadi ada pembinaanya setelah mengikuti workshop atau pelatihan pada acara Roadshow Saudagar Nusantara," kata Koordinator Kota Medan, Kharunnisa.

Ia menuturkan SSN ini wadah untuk para penggiat pemberdayaan UMKM. Memfasilitasi pelaku bisnis UMKM dan investor untuk berjejaring.

Karena banyak kendala dari pelaku bisnis, UMKM yang baru mulai atau yang baru mau mulai bisnis punya ide gak punya modal atau sebaliknya.

"Investor (punya modal) tapi gak tau mau investasi di sektor riil mana karena belum ada komunitas yang punya database lengkap terkait ini, jadi bergabung di komunitas ini solusinya," katanya.

Dibentuk dan pelantikan koordinator tiap wilayah 11 - 13 Juli 2017. Program pertamanya itu melaksanakan Roadshow ke 38 titik dengan agendanya seminar parade bisnis "Investment Deal Making" atau bagaimana caranya pelaku bisnis bisa mempresentasikan usahanya baik baru ataupun mau berkembang agar investor mau bekerja sama dan Workshop Understanding Business Language, tema Besarnya adalah mengajari para UMKM yg kendalanya itu pada umumnya masalah pembukuan rumah tangga dan operasional yang tidak terpisah, sehingga tidak bisa mengukur kemajuan bisnisnya, makanya di workshop ini ada materi simpel dan singkat terkait pembukuan dan akuntansi dasar utk UMKM.

(Sil/tribun-medan.com)

Penulis: Silfa Humairah
Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help