TribunMedan/

Omset Pedagang Musiman Turun, Jelang Hari Kemerdekaan Peminat Bendera Masih Sepi

Pemandangan ini, terlihat di beberapa titik, seperti Jalan Gatot Subroto, Jalan SM Raja, Jalan Printis Kemerdekaan Sudirman, dan sejumlah kawasan lain

Omset Pedagang Musiman Turun, Jelang Hari Kemerdekaan Peminat Bendera Masih Sepi
Tribun Medan
Pedagang bendera menunggu pembeli di Medan, Minggu (13/8/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Ryan Achdiral Juskal

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Sudah menjadi tradisi setiap menjelang perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia, yang jatuh pada 17 Agustus, penjual bendera merah putih menjamur. Termasuk di Kota Medan, penjual bendera sudah ramai dalam sepekan ini.

Pemandangan ini, terlihat di beberapa titik, seperti Jalan Gatot Subroto, Jalan SM Raja, Jalan Printis Kemerdekaan Sudirman, dan sejumlah kawasan lainya.

Mereka menjajakan beragam atribut dan umbul-umbul untuk merayakan hari kemerdekaan.

Baca: Kasihan, Omset Pedagang Musiman Bendera Turun Signifikan

Namun berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, hingga kini permintaan untuk memeriahkan hari kemerdekaan ini masih
sepi. Karena omset dari bisnis musiman ini merosot dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Seperti diungkapkan Martini Tanjung, pedagang bendera handmate di kawasan Jalan Perintis Kemerdekaan. Usaha ini sebenarnya sudah dilakoni keluarganya sejak 27 tahun silam. Ia pu membuat bendera sendiri, kemudian memasarkannya.

Kali ini, Martini menyebutkan menyiapkan sekira 500 lembar bendera dengan berbagai ukuran.

"Tahun ini kita siapkan sebanyak 500 lembar. Ini kita produksi di rumah Jalan Gurilla Gang Langgar,"ujar Martini yang mengaku lebih nyaman memproduksi bendera sendiri dibandingkan memasok dari Jawa, Minggu (13/8).

Untuk sejauh ini, sebutnya, sejak mulai memasarkan bendera mulai 1 Agustus lalu, permintaan bendera masih terbilang sepi.

"Tapi begitu pun, biasanya permintaan ini biasanya mulai ramai tiga hari menjelang hari kemerdekaan,"ujar Zul Tanjung, adik Martini Tanjung, yang berada persis di sebelahnya.

Biasanya, Ia sudah mempersiapkan enam bulan sebelumya untuk memasok kebutuhan bendera merah putih. Ia pun menyediakan beragam atribut. Seperti bendera, umbul-umbul dan tiang bendera.(*)

Penulis: Ryan Achdiral Juskal
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help