TribunMedan/

WOW, Ternyata Warga Binaan Wanita Buat Kejutan di HUT Ke-72 Kemerdekaan RI

"Bagi seluruh narapidana yang memperoleh remisi, saya ucapkan selamat. Bagi yang bebas, saya berpesan agar berjanji pada diri sendiri untuk tidak.."

WOW, Ternyata Warga Binaan Wanita Buat Kejutan di HUT Ke-72 Kemerdekaan RI
Tribun Medan / Nanda
Tarian adat Batak yang ditampilkan narapidana putri binaan untuk menyambut rombongan Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I A Tanjunggusta Medan, Kamis (17/8/2017). (Tribun Medan / Nanda) 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Nanda F. Batubara

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Tarian adat Batak disuguhkan para narapidana putri binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I A Tanjunggusta Medan untuk menyambut rombongan Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi.

Erry datang untuk memimpin upacara pemberian remisi bagi sejumlah narapidana. Remisi ini diberikan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-72.

"Bagi seluruh narapidana yang memperoleh remisi, saya ucapkan selamat. Bagi yang bebas, saya berpesan agar berjanji pada diri sendiri untuk tidak mengulangi perbuatan melanggar hukum," kata Erry saat membacakan pidato Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoli di Lapas Klas I A Tanjunggusta Medan, Kamis (17/8/2018).

Baca: NEWSVIDEO: Tengku Erry Kunjungi Lapas dan Lakukan Ini

Berdasarkan laporan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumut Liberti Sitinjak, terdapat 9.201 narapidana tindak pidana umum yang memperoleh remisi umum pada hari ini.

Jumlah ini terdiri atas 8.782 narapidana yang memperoleh remisi umum sebagian dan 419 narapidana yang memperoleh remisi umum bebas.

Kemudian untuk narapidana tindak pidana terkait Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2006, terdapat 426 narapidana yang memperoleh remisi umum. Jumlah ini terdiri atas 415 narapidana yang memperoleh remisi umum sebagian dan 11 narapidana yang memperoleh remisi umum bebas.

Untuk tindak pidana terkait Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2012, terdapat 2.170 narapidana yang memperoleh remisi umum. Jumlah ini terdiri atas 2.056 narapidana yang memperoleh remisi umum sebagian dan 114 narapidana yang memperoleh remisi bebas.

Jumlah narapidana pemeroleh remisi ini berbeda dengan yang sebelumnya disampaikan Humas Kantor Kementerian Hukum dan HAM Wilayah I Sumut, Josua Ginting. Bila Josua bilang total narapidana penerima remisi umum bebas berjumlah 544 orang, Liberti justru mengatakan jumlah narapidana penerima remisi umum bebas sebanyak 537 orang.

"Kalau soal jumlah, ini kan ada 28 ribu orang yang kami urusi. Karena bagaimana pun kami juga manusia yang selalu meng-update setiap saat. Kalau pun kemarin ada jumlah sekian dan sekian, maka yang dibacakan tadi lah yang valid," kata Liberti.

(cr5/tribun-medan.com)

Penulis: Nanda Fahriza Batubara
Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help