TribunMedan/

Mahasiswa UHN Berikan Pendidikan Gratis untuk Murid SD di Desa Tertinggal

Kegiatan pengabdian ke masyarakat diselenggarakan selama 29 hari, dimulai pada tanggal 6 Agustus - 3 September 2017 dengan jumlah relawan sebanyak 18

Mahasiswa UHN Berikan Pendidikan Gratis untuk Murid SD di Desa Tertinggal
Tribun Medan/Dedy
Mahasiswa UHN berikan pendidikan gratis ke sekolah-sekolah di Desa Sipolha, Simalungun 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.COM, RAYA - Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar melakukan pengabdian masyarakat melalui pendidikan gratis dan bakti sosial di Kelurahan Sipolha Kecamatan Pamatang Sidamanik.

Kegiatan pengabdian ke masyarakat diselenggarakan selama 29 hari, dimulai pada tanggal 6 Agustus - 3 September 2017 dengan jumlah relawan sebanyak 18 orang.

Kedatangan Mahasiswa Nomensen disambut baik oleh Masyarakat Desa Sipolha. Mahasiswa berinteraksi dengan masyarakat, mulai dari kunjungan ke rumah Penatua Gereja dan ke rumah masyarakat. Serta mengikuti kegiatan doa lingkungan setiap Minggu sembari menyampaikan maksud dan tujuan mereka datang ke desa tersebut.

Baca: KEJAMNYA! Oknum PLN Minta Rp 100 Juta untuk Biaya Pemasangan Listrik, Warga Akhirnya Lakukan Ini

Baca: Oknum PLN Minta Rp 100 Juta untuk Pemasangan Listrik? Ini Penjelasan Humas

Ketua Panitia Adam Manurung menjelaskan pemilihan Desa Sipolha karena mempertimbangkan kondisi dan situasi sekolah-sekolah dengan kualitas pendidikan yang masih tertinggal. Sejumlah kegiatan dilaksanakan, di antaranya mengajar gratis di SD Negeri 095153 dan SMP Negeri 1 Pamatang Sidamanik.

"Selain mengajar, relawan juga mengadakan les tambahan khusus mata pelajaran Matematika untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar berhitung. Selain itu para relawan mengisi waktu dengan mengadakan bakti sosial seperti bergotong-royong membersihkan jalan dan membersihkan pekarangan gereja-gereja yang ada di Sipolha bersama dengan pemuda setempat," sebutnya, Senin (4/9/2017)

Mahasiswa juga memberikan pengetahuannya dalam hal bercocok tanam dengan ikut ke ladang milik beberapa warga desa Sipolha. Para Relawan saling bertukar pengetahuan bagaimana cara menanam kacang serta membuat pembibitan tomat dan cabai yang baik.

Melihat kondisi Sipolha yang masih ketinggalan, ke depan mahasiswa UHN merencanakan mendirikan rumah baca untuk masyarakat Sipolha.

Meri silalahi salah satu Mahasiswa UHN yang ikut melakukan Pendidikan Gratis dan Bakti Sosial di Sipolha, berharap kepada Pemerintah Kabupaten Simalungun memperhatikan kualitas pendidikan di desa Sipolha dan mendukung Program rumah baca tersebut.

Kepala Dusun, Frando Damanik mengaku senang dengan kepedulian yang diberikan mahasiswa kepada warganya. Diharapkannya rencana rumah baca bisa segera terealisasi.

"Saya sangat senang dengan kedatangan mahasiswa Nommensen disini, ditambah lagi dengan adanya program berkelanjutan seperti rumah baca, saya sangat mendukung penuh dengan program tersebut. Jujur, saya sangat mengapresiasi semangat dan kegigihan mahasiswa relawan dalam meningkatkan dan memajukan desa Sipolha ini," ungkap Frando Damanik.(*)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help