TribunMedan/

Hujan Deras, Saluran Irigasi di Jorlang Hataran Jebol

jebolnya saluran irigasi tersebut membuat air merembes ke lahan warga yang berada di sekitar saliran irigasi tersebut.

Hujan Deras, Saluran Irigasi di Jorlang Hataran Jebol
Tribun Medan/Ary
Irigasi di Kecamatan Jorlang Hataran, Simalungun jebol akibat diguyur hujan deras. 

TRIBUN-MEDAN.COM, RAYA – Intensitas hujan yahg tinggi belakang hari ini membuat saluran irigasai di Dusun Suka Mulia, Nagori Pinang Ratus, Jorlang Hataran, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, jebol.

Bahkan, jebolnya saluran irigasi tersebut membuat air merembes ke lahan warga yang berada di sekitar saliran irigasi tersebut.

M Nainggolan, warga setempat mengatakan, jebolnya saluran irigasi tersebut diakibatkan hujan deras serta luapan air dari perkebunan kelapa sawit PTPN IV Bah Birong Ulu.

Baca: PTPN IV Sembelih 14 Ekor Sapi, Warga Dairi Pun Kebagian Daging Kurban

Selama ini, kata Nainggolan, jika hujan deras, maka air meluap. Sehingga saluran irigasi tidak dapat menampung debit air dan mengakibatkan jebolnya saluran irigasi.

“ada sekitar 3 meter saluran irigasi yang jebol dan merusak rusak lahan wargam,” ucapnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, warga pun membuat tembok penahan dari karung yang berisi tanah, untuk menghambat rembesan air.

Baca: PTPN IV Punya Cara Tersendiri Rayakan HUT Ke-72 RI

Ia pun memohon agar dinas terkait untuk segera memperbaiki saluran irugasi tersebut, agar petani tidak resah karena terganggu dengan rusaknya lahan pertanian.

Terpisah, Kepala UPT Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Jorlang Hataran Lindung Nainggolan ketika disambangi di kantornya tidak berada ditempat. Berdasarkan keterangan pegawainya J Sianturi, mengatakan saat ini Lindung sedang berada di Raya.

Ketika ditanya, apakah pihaknya menghetahui jebolnya irigasi tersebut. Ia mengatakan, sudah mengetahui jebolnya saluran irigasi di Dusun Suka Mulia.

“Sudah kita sampaikan prihal jebolnya irigasi tersebut  ke kabupaten,” jawabnya

Penulis: M Azhari Tanjung
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help