TribunMedan/

UPMI Miliki Program Peduli Lingkungan

Sedangkan untuk sektor pertanian, menurutnya mahasiswa bisa juga melakukan penyuluhan pertanian tanaman pangan bagi para petani di desa dan penyuluhan

UPMI Miliki Program Peduli Lingkungan
Tribun Medan / Silfa
Mahasiswa tampak bersantai di taman UPMI 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Silfa Humairah

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia (UPMI) Medan di Kampus I Jalan Teladan No 15 Medan dan Kampus 2 di Jalan SM Raja KM 8,5, Balai Desa, Medan, memiliki program peduli lingkungan yang dilakukan untuk menjaga lingkungan bagi generasi mendatang sekaligus dapat mencegah bahaya banjir, angin puting beliung yang sering melanda pemukiman warga saat ini.

Penanaman pohon ini bisa juga membuat suasana lingkungan menjadi asri dan sejuk. Hal itu dikatakan Rektor UPMI Drs H Ali Mukti Tanjung SH MM.

Di sekitar lahan UPMI ada banyak pohon mahoni. Penghijauan ini sangat diperlukan sebagai wujud pengabdian mahasiswa kepada masyarakat.

Baca: AKP Marhalam Minta Maaf dan Pindahkan Anaknya dari SMA Negeri 1

Selain itu diharapkan mahasiswa UPMI juga harus peduli terhadap permasalahan sosial lainnya seperti bakti sosial kemasyarakatan dibidang kesehatan seperti pengobatan gratis, sunat massal, operasi bibir sumbing dan operasi katarak, katanya.

Sedangkan untuk sektor pertanian, menurutnya mahasiswa bisa juga melakukan penyuluhan pertanian tanaman pangan bagi para petani di desa dan penyuluhan perikanan bagi nelayan di daerah pantai, jadi banyak bentuk kepedulian yang dilakukan mahasiswa dari banyak bidang.

Ia pun menambahkan bentuk kepedulian mahasiswa ditanam sedini mungkin untuk pengaplikasian di masa sekarang hingga yang akan datang.

Sedangkan untuk meningkatkan kualitas mahasiswa dan dosen, kampus melakukan berbagai upaya dan langkah-langkah strategis, seperti menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi ternama baik dalam maupun luar negeri.

Kampus juga memperbanyak pertemuan ilmiah dengan menghadirkan pakar-pakar di luar UPMI, seperti halnya seminar dan kuliah-kuliah umum.

Ali Mukti Tanjung, menuturkan beberapa kerjasama yang sudah dilakukan yaitu kerjasama dengan University Utara Malaysia (UUM), dan kerjasama dengan pihak Koperasi Ukhwah di Kuala Lumpur.

Kampus juga melakukan penjajakan dengan Universitas Pendidikan Sultan Idris di Selangor Malaysia untuk program lanjutan dari dosen pada bidang Doctor of Philosophy dan Doctor of Education.

"Kerja sama dengan UUM dikatakannya diaplikasikan dalam bentuk penandatanganan Kesepahaman Bersama antara UPMI Medan dengan UUM di Kampus UUM pada bulan Mei 2015 yang lalu. Fokus perhatian dari kerjasama ini di bidang pertukaran dosen dan penelitian bersama antara mahasiswa Pascasarjana UUM dengan mahasiswa Pascasarjana UPMI Medan," jelasnya.

(sil/tribun-medan.com)

Penulis: Silfa Humairah
Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help