TribunMedan/

Seleksi Terbuka Sekda Pematangsiantar Sudah Dibuka, Ini Persyaratannya

Proses seleksi terbuka jabatan pejabat tertinggi (JPT) Aparatur Sipil Negara (ASN) yakni Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Siantar sudah dibuka dan Panit

Seleksi Terbuka Sekda Pematangsiantar Sudah Dibuka, Ini Persyaratannya
Tribun Medan / Dedy
Kepala BKD Kota Siantar Zainal Siahaan diwawancarai sejumlah wartawan di sekirar Aula USI (Tribun Medan / Dedy) 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.COM, SIANTAR - Proses seleksi terbuka jabatan pejabat tertinggi (JPT) Aparatur Sipil Negara (ASN) yakni Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pematangsiantar sudah dibuka dan Panitia Seleksi (Pansel) sudah ditentukan sebanyak 5 orang.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Siantar, Zainal Siahaan mengatakan bahwa kelima orang Tin Pansel tersebut yaitu Kepala BKD Provinsi Sumut, Kaiman Turnip, dari BKN Regional 6 Medan, Prasetio, Guru Besar Hukum Universitas Sumatera Utara (USU), Hasim Purba, Kepala Dinas Pendidikan Sumut, Arsyad Lubis dan Direktur Pasca Sarjana Universitas Simalungun (USI), Robert Tua Siregar.

"Hingga saat ini belum ada, itu sampai tanggal 19 pendaftarannya. Siapa saja dari luar Siantar juga bisa, terbuka se-Sumatera Utara. Kita belum bisa menduga-duga siapa orangnya," kata Zainal Siahaan, Minggu (10/9/2017).

Baca: Ini Nama Enam Orang Pejabat yang Akan Dilantik Bupati Deliserdang Besok

Dijelaskan Zainal Siahaan, dalam rangka menentukan jabatan pimpinan tinggi pratama Sekretaris Daerah (JPT Sekda), Pemerintah Kota (Pemko) membuka pendaftaran. Hal ini diatur berdasarkan empat ketentuan.

"Pertama sesuai dengan Undang-undang nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Kedua, Peraturan Pemerintah nomor 11 Tahun 2017 tentang manajemen Pegawai Negeri Sipil. Ketiga, Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Nomor 13 Tahun 2014 tentang tata cara pengisian JPT secara terbuka di lingkungan instansi pemerintah, dan keempat adalah rekomendasi ketua Komisi ASN Nomor B2274/KASN/8/2017," katanya. 

Penerimaan pendaftaran calon JPT Sekda ini diumumkan secara terbuka bagi ASN yang sudah pejabat Eselon IIA di lingkungan Pemerintah Daerah, Kabupaten/Kota/Provinsi di wilayah Provinsi Sumatera Utara yang berminat dan memenuhi persyaratan yang ditentukan pada seleksi pengisian JPT tersebut.

Baca: Akan Dilantik Jadi Sekda Deliserdang, Begini Tanggapan Darwin Zein

Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemko Pematangsiantar T Simarmata, menjelaskan bahwa sesuai peraturan pendaftar calon Sekda harus sesuai syarat antara lain, pertama berstatus ASN di lingkungan Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara.

Halaman
123
Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help