TribunMedan/

Orang Super Kaya Ternyata tak Pernah Pamer Label Harga

Orang-orang kaya itu akan merobek label harga barang yang ia beli, sehingga orang lain tak tahu berapa uang yang ia belanjakan.

Orang Super Kaya Ternyata tak Pernah Pamer Label Harga
bbc.co.uk
Kekayaan bersih Gates naik lebih US$3 miliar dalam setahun menjadi US$79 miliar. 

TRIBUN-MEDAN.com - Dengan harta yang dimilikinya, orang-orang kaya memang bisa membeli apa yang ia inginkan berapa pun harganya.

Tetapi, orang super kaya biasanya merasa malu jika label harganya terlihat orang lain.

Ahli sosiologi Rachel Sherman, mewawancari 50 orangtua di New York, dengan pendapatan minimal 4 miliar rupiah per tahun.

Salah satu kesamaan yang ia temukan dari orang-orang kaya itu adalah mayoritas akan merobek label harga barang yang ia beli sehingga orang lain tak tahu berapa uang yang ia belanjakan.

Dalam esai yang dimuat di New York Times, Sherman menulis tentang seorang wanita yang setiap tahun menghasilkan 4 miliar rupiah dan mewarisi kekayaan keluarga beberapa juta dolar, selalu membuang label harga baju yang baru dibelinya sehingga nanny-nya tidak sampai melihatnya.

Baca: Ketika Orang Kaya Berlibur ke LN, Jokowi Malah ke Ragunan, Bayar Tiket Lagi

Baca: Menohok Dialog yang Membuat Pengemis Ini Menolak Emas Pemberian Orang Kaya

"Seorang desainer interior yang saya kenal juga bercerita, salah satu kliennya selalu menyembunyikan harga barang-barang yang ia beli. Semua barang furnitur yang datang ke rumahnya juga harus dihilangkan agar staf di rumah tidak melihatnya," katanya.

Kebiasaan itu menunjukkan pola yang lebih besar, orang super kaya itu menganggap dirinya normal, dan merasa canggung dengan hasil belanjannya karena tidak mau dianggap kaya.

Dalam hal kekayaan atau harta, orang-orang super kaya itu juga tidak pernah menunjukkan bahwa ia "kaya" atau "kelas atas". Menurut Sherman, mayoritas lebih suka istilah "nyaman" atau "beruntung".

Halaman
12
Editor: Irfan Azmi Silalahi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help