TribunMedan/

Gala Desa Kota Ini Resmi Dibuka, 500an Atlet Cabor Ini Berkumpul di USI

"Pembudayaan olahraga perlu dimulai dari tingkat RT dan RW. Untuk menjadikan masyarakat berbudaya olahraga maka berbagai faktor harus dilaksanakan.."

Gala Desa Kota Ini Resmi Dibuka, 500an Atlet Cabor Ini Berkumpul di USI
Tribun Medan / Dedy
Pembukaan Gala Desa 2017 Kota Pematangsiantar di Lapangan Universitas Simalungun. (Tribun Medan / Dedy) 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - 500an Atlet-atlet yang berasal dari berbagai desa seKota Pematangsiantar hadir mengikuti pembukaan Gala Desa 2017.

Wali Kota Pematangsiantar Hefriansyah dan Kadis Pariwisata dan Olahrga Fatimah Siregar membuka secara resmi Gala Desa di Lapangan Bola Universitas Simalungun, Selasa (12/9/2017).

Walikota dan Dinas Pariwisata dan Olahraga membuka resmi Galadesa 2017 di Kota Pematangsiantar
Walikota dan Dinas Pariwisata dan Olahraga membuka resmi Galadesa 2017 di Kota Pematangsiantar (Tribun Medan / Dedy)

Walikota Pematangsiantar, Hefriansyah menyampaikan bahwa kegiatan Gala Desa ini merupakan program dari Kementrian Olahraga dan Pemuda.

Diharapkan Gala Desa bisa menjadi upaya membudayakan olahraga ke masyarakat hingga lapisan paling bawah.

Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi dalam sambutan yang dibacakan Hefriansyah, mengatakan, olahraga telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan sehari hari, baik melaksanakan aktifitas fisik, maupun hanya sekedar menonton pertandingan olahraga. Olahraga pun menyusup masuk ke seluruh lapisan masyarakat, tua mau pun muda, laki laki maupun perempuan, didesa mau pun di kota.

Kementerian Pemuda Olah Raga resmi meluncurkan program Ayo Olahraga, dalam program ini diharapkan seluruh komponen bangsa dapat bahu-membahu menggerakkan lapisan masyarakat baik pelajar, mahasiswa, pekerja, karyawan untuk hidup aktif olahraga secara rutin dan teratur, apapun olahraganya.

"Pembudayaan olahraga perlu dimulai dari tingkat RT dan RW. Untuk menjadikan masyarakat berbudaya olahraga maka berbagai faktor harus dilaksanakan pemerintah daerah, pihak swasta, dan masyarakat. Guna mendorong masyarakat gemar berolahraga maka program pemerintah sebagai rintisan bagi terciptanya gerakan budaya berolahraga hendaknya dilaksanakan secara teratur, terukur, dan sistematik," ujarnya.

Baca: NEWS VIDEO: IMM Gelar Demonstrasi untuk Dukung Muslim Rohingya

Kepala Dinas Pariwisata dan Olahraga, Fatimah Siregar mengatakan, ada delapan kecamatan se-Kota Siantar ikut serta untuk membangun semangat olahraga masyarakat.

Turnamen Gala Desa disiapkan untuk menjaring atlet-atlet muda berbakat.

"Ada sekitar 500an atlet ikut serta hari dalam pembukaan Gala Desa 2017 Siantar. Persiapan turnamen Gala Desa yang dipersiapkan dengan serangkaian road show sejak bulan Juli. Cabang olah raga yang dipertandingkan Sepakbola tingkat SMU, Tenis Meja tingkat SMP, Atletik tingkat SD, Senam Kesegaran Jasmani," jelas Fatimah.

(Dyk/tribun-medan.com)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help