TribunMedan/

Reklamasi Sungai Bahbolon, Kadis Tarukim dan PU Mengaku Tidak Tahu Menahu

Penimbunan Sungai Bahbolon hingga separuh ruas aliran sungai diduga melanggar peraturan pemerintah.

Reklamasi Sungai Bahbolon, Kadis Tarukim dan PU Mengaku Tidak Tahu Menahu
Tribun Medan / Dedy
Pekerja PT Nunut Karya menimbun ruas sungai Bahbolon di Siantar Selaran 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Penimbunan Sungai Bahbolon hingga separuh ruas aliran sungai diduga melanggar peraturan pemerintah.

Sejumlah alat berat dan pekerja tampak terus pengerjaaan penimbunan dan pengerasan daratan baru di Jalan Vihara Kecamatan Siantar Selatan, Selasa (12/9/2017).

Penyempitan sungai dengan cara reklamasi ini sudah menuai protes warga. Mereka khawatir pengecilan ruas sungai bisa mengancam lingkungan yang disebabkan banjir jika debit air memuncak.

Baca: Warga Terkejut Ada Reklamasi Sungai Ditimbuni Batu Padas

Anehnya, sejumlah Kepala Dinas dan Kepala Badan Pemerintah Kota Pematangsiantar tidak tahu telah dan sedang terjadi penimbunan Sungai Bahbolon.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga, Jhonson Tambunan dikonfirmasi tidak tahu ada proyek di Sungai Bahbolon. Dijelaskannya bahwa pengerjaan proyek bisa saja dilakukan dinas lainnya.

"Setahuku enggak ada kami Dinas PU, gak kami di Sungai Bahbolon. PU kan banyak, ada Dinas Tarukim, ada dari Simalungun, ada dari Medan. Setahuku enggak ada PU Siantar," kata Jhonson Tambunan.

Sementara Kepala Dinas Tata Ruang dan Permukiman (Tarukim), Reinward Simanjuntak ketika dikonfirmasi soal dugaan pelanggaran penimbunan sungai juga mengaku tidak tahu.

"Yang mana itu? Saya gak tahu, enggak ada di kami (Tarukim). Tarukim enggak ada itu, coba tanya BPBD. Gak ada Tarukim ngurusi sungai. Mungkin Bina Marga, coba tanya mereka langsung, saya bukan buang badan, mereka (Dinas PU) juga mungkin emang enggak ada. Coba tanya langsung mereka ya," tukasnya.

Halaman
1234
Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help