TribunMedan/

Sopir, Tukang Tambal Ban, dan Tukang Becak Kini Dicover BPJS

"Artinya bukan hanya dilihat dari aspek ekonomi saja, melainkan juga sektor pekerjaan tertentu. Setelah kita hitung masih ada sektor masyarakat yang..

Sopir, Tukang Tambal Ban, dan Tukang Becak Kini Dicover BPJS
Tribun Jogja/Hening Wasisto
ILUSTRASI 

TRIBUN-MEDAN.com, SURABAYA - Warga Surabaya penerima bantuan iuran untuk jaminan kesehatan nasional (JKN) melalui BPJS PBI bakal bertambah.

Ini setelah Pemkot menambah enam kelompok penerima bantuan iuran JKN yang bakal dibiayai dari APBD.

Enam kelompok itu adalah kelompok pengemudi angkutan umum, tukang becak, tukang tambal ban, wartawan, veteran, dan penghuni panti asuhan. Enam kelompok ini melengkapi 41 kelompok lain penerima bantuan iuran JKN.

Mulai kelompok relawan HIV, relawan TB, ibu pemantau jentik, kader tanaman tiga, kader posyandu lansia, kader paliatif, kader kelurahan siaga, pengurus yayasan, tenaga kesejahteraan sosial kecamatan, juru kunci makam, dan sejumlah kelompok lain. 

Kini kelompok tersebut tidak perlu repot memikirkan membayar BPJS lantaran digratiskan dan dibiayai dana APBD.

Wakil Wali Kota Surabaya, Whisnu Sakti Buana menyebutkan, kelompok tambahan itu merupakan hasil penjangkauan warga penerima bantuan JKN yang kemudian dituangkan dalam Perwali No 38 tahun 2017 tentang perubahan atas perwali No 25 tahun 2017 tentang pembiayaan program JKN.

"Artinya bukan hanya dilihat dari aspek ekonomi saja, melainkan juga sektor pekerjaan tertentu. Setelah kita hitung masih ada sektor masyarakat yang belum tersentuh, baik yang pendekatan miskin maupun pekerja. Sehingga kita daftarkan," kata Whisnu usai sidang paripurna di DPRD Kota Surabaya, Selasa (12/9/2017).

Dari pendataan kelompok tambahan tersebut, maka otomatis ada penambahan anggaran dana untuk cover JKN melalui BPJS PBI.

Baca: Memiliki Fasilitas Lengkap, Kampus Ini Gelar Kompetisi Tingkat Nasional

Dimana dalam perubahan anggaran keuangan APBD 2017 diajukan tambahan sebesar Rp 71.99 miliar.

Halaman
1234
Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help