TribunMedan/

Berita Eksklusif

Inilah 6 Penyebab Pembeli Emoh Huni Rumah Subsidi Murah, Nomor 3 Menakutkan

Lebih dari 20 ribu unit rumah murah bersubsidi sudah dibangun di Sumatera Utara dalam dua tahun terakhir. Namun mengapa pembeli emoh menempatinya?

Inilah 6 Penyebab Pembeli Emoh Huni Rumah Subsidi Murah, Nomor 3 Menakutkan
TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Suasana salah satu perumahan bersubsidi dari pemerintah di Tanjung Anom, Deliserdang, Kamis (7/9). Akses jalan yang buruk menyebabkan warga mengalami kesulitan beraktivitas. TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR 

TRIBUN-MEDAN.COM - Lebih dari 20 ribu unit rumah murah bersubsidi sudah dibangun di Sumatera Utara dalam dua tahun terakhir. Menurut data, rumah-rumah itu pun terjual habis. Namun mengapa pembeli emoh menempatinya?

Ya, realisasi pembangunan rumah bersubsidi untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) melebihi target. Perusahaan pengembang yang tergabung dalam Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) Sumatera Utara membangun 12.500 unit rumah tahun 2016, melebihi target 12.000 unit.

"Semester pertama 2017 sudah terbangun 8.000 rumah dari target 15 ribu rumah. Sekitar 50 persen berada di Kabupaten Deliserdang," kata Ketua DPD Real Estat Indonesia (REI) Sumut Andi Atmoko Panggabean kepada Harian Tribun Medan/www.Tribun-Medan.com.

Ribuan rumah lainnya tersebar di beberapa kabupaten kota seperti Kabupaten Langkat, Kota Binjai, Tebingtinggi, Asahan, Karo dan kota/kabupaten lainnya di Sumut. Sedangkan di Kota Medan tidak tersedia rumah bersubsidi, karena kesulitan mencari lahan dengan harga rumah subsidi yang dipatok di bawah Rp 130 juta, untuk standar luas tanah 71 sampai dengan 91 meter persegi.

Rumah bersubsidi diluncurkan Presiden Joko Widodo sejak 2015. Secara nasional, harga rumah dipatok mulai dari Rp 112 juta sampai dengan Rp 141 juta per unit, tergantung lokasi. Untuk akses Kredit Pemilikan Rumah (KPR), masyarakat dikenai uang muka (DP) hanya 1 persen dan bunga cicilan 5 persen tetap tenor hingga 20 tahun. 

Baca Juga:

NEWSVIDEO: Rumah Subsidi Program Presiden Jokowi dengan Fasilitas Jalan Berlumpur

Tersedia 17 Ribu Unit Rumah Murah, DP 1 Jutaan, Cicilan Sampai 20 Tahun, Catat Lokasi dan Harganya

Rumah Subsidi Murah Rp 123 Juta, DP 1 Persen, Cicilan 880 Ribu, Bunga 5% Kok Pembeli Takut Huni?

Memang betul, sekitar 8.000 unit rumah subsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) telah terealisasi dibangun. Namun warga yang telah membeli, masih dilanda kecemasan dan takut karena perumahan minim penghuni dan sepi. Mutu infrstruktur dan pendukung perumahan pun masih buruk.

Halaman
1234
Penulis: Jefri Susetio
Editor: Domuara D Ambarita
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help