TribunMedan/
Home »

Video

Video

NEWSVIDEO: Pengungsi Rohingya Diberi Fasilitas Futsal

Arena bermain futsal dibuat berjadwal, digunakan secara bergiliran oleh pengungsi Rohingya. Bantuan fasilitas ini disewa oleh beberapa anggota DPRD

Lapora Wartawan Tribun Medan / M Andimaz Kahfi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Warga Rohingya yang berada di penampungan diwilayah Medan, Sumatera Utara, kini mulai memiliki aktivitas baru ditengah kekosongan aktivitas keseharian.

Mereka mendapatkan kembali fasilitas berolahraga bersama di salah satu area futsal di Jalan Jamin Ginting Medan.

Sejak dua tahun lalu, para pengungsi Rohingya ini, kehilangan fasilitas berolah raga namun pada Selasa Malam sekitar jam 20.00 WIB, puluhan pengungsi Rohingya dari penampungan Hotel Beraspati ini, tampak begitu bersemangat Dalam permainan futsal. Mereka tergabung dalam beberapa tim, yang bermain bergantian bersama donatur dan relawan.

Baca: Ini Kronologi Siswa Tertabrak Mobil Tahanan

Arena bermain futsal dibuat berjadwal, digunakan secara bergiliran oleh pengungsi Rohingya. Bantuan fasilitas ini disewa oleh beberapa anggota DPRD Sumut serta gabungan relawan Rohingya.

Lapangan futsal Rajawali 3, khusus disewa dan dipergunakan oleh warga Rohingya. Olahraga futsal secara rutin ini diharapakan dapat mengurangi kejenuhan para pengungsi.

Sementara para warga Rohingya yang mengikuti futsal bersama ini, mengaku sangat senang dan menjadi kembali bersemangat. Fasilitas olahraga sebelumnya pernah diberikan oleh
International Organization for Migration (IOM), namun belakangan fasilitas itu ditiadakan tanpa diketahui dengan jelas apa penyebabnya.

Bantuan dan simpatik terhadap pengungsi Rohingya berdatangan, menyusul pembataian etnis Rohingya di Distrik Rakhine. Selain memberikan bantuan materi, sebagian warga juga melakukan pendekatan menguatkan moril pengungsi ditengah status ketidakpastian.

Seorang pengungsi Rohingya yang ikut bermain futsal, Khairul Amin mengatakan hari ini setelah dua tahun berada di tempat penampungan Hotel Beraspati, hari ini jadi hiburan pertama olahraga pertama sejak tahun 2015.

"Hari ini baru olahraga pertama, karena sudah 2 tahun 4 bulan kami tidak pernah olahraga. Ini hiburan pertama kami sejak pertama kali datang mengungsi ke Indonesia tahun 2015," kata Khairul, Selasa (12/9/2017) malam.

Wakil Ketua Komisi A DPRD Sumut, Syamsul Qodri yang menjadi donatur menginginkan dan berharap mereka bisa tertawa, tersenyum, bergembira dan bisa meringankan beban duka, dan melupakan situasi dan kondisi yang memilukan dinegara mereka Myanmar.

"Tentu hal tersebut sudah menjadi hal yang menyenangkan bagi mereka dan kita. Selain itu kita melihat kondisi mereka di penginapan sangat butuh olahraga. Karena aktivitas mereka yang sehari-hari kurang bisa berefek pada kesehatan,“ Tutup Syamsul.

(cr9/tribun-medan.com)

Penulis: M.Andimaz Kahfi
Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help