TribunMedan/

Berita Eksklusif

Rumah Subsidi Murah Rp 123 Juta, DP 1 Persen, Cicilan 880 Ribu, Bunga 5% Kok Pembeli Takut Huni?

"Pada awal pindah masih sepi kali. Kami sempat merasa waswas, karena jalan menuju lokasi perumahan enggak bagus. Kemudian masuk ke dalam cukup jauh,

Rumah Subsidi Murah Rp 123 Juta, DP 1 Persen, Cicilan 880 Ribu, Bunga 5% Kok Pembeli Takut Huni?
Tribun-Medan.com/M Danil Siregar
Warga sedang melintas di Kompleks Asri Indah Tanjung Selamat, di Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara. Perumahan ini bagian dari Program Sejuta Rumah pemerintah. 

TRIBUN-MEDAN.COM - Pemerintah meluncurkan Program Sejuta Rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sejak tahun 2015. Pionir program tersebut telah diresmikan Presiden Joko Widodo di Ungaran, Jawa Tengah, pada 29 April 2015.

Sejak awal, progam ini dicanangkan, seluruh bangunan tiap unit rumahnya memiliki tipe yang sama. Luas rumah 25 meter persegei dengan luas tanah 60 meter. Terdiri atas dua kamar tidur, satu kamar mandi, dapur, dan ruang keluarga.

Harga per unit mulai dari Rp 112 juta sampai dengan Rp 141 juta, tergantung lokasi. Untuk akses Kredit Pemilikan Rumah (KPR), masyarakat dikenai uang muka (DP) hanya 1 persen dan bunga cicilan 5 persen tetap tenor hingga 20 tahun.

Program ini tersebar di berbagai provinsi yaitu DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Riau, dan Sulawesi Selatan.

Untuk wilayah Sumatera Utara, realisasi pembangunan rumah bersubsidi sudah berjalan dua tahun. Perusahaan pengembang yang tergabung dalam Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) Sumatera Utara membangun 12.500 unit rumah tahun 2016, melebihi target 12.000 unit.

Tahun ini, REI memasang target lebih tinggi lagi.

"Semester pertama 2017 sudah terbangun delapan ribu rumah dari target 15 ribu rumah. Sekitar 50 persen berada di Kabupaten Deliserdang," kata Ketua DPD Real Estat Indonesia (REI) Sumut Andi Atmoko Panggabean kepada Harian Tribun Medan/www.Tribun-Medan.com.

Baca Juga:

NEWSVIDEO: Rumah Subsidi Program Presiden Jokowi dengan Fasilitas Jalan Berlumpur

Tersedia 17 Ribu Unit Rumah Murah, DP 1 Jutaan, Cicilan Sampai 20 Tahun, Catat Lokasi dan Harganya

Halaman
1234
Penulis: Jefri Susetio
Editor: Domuara D Ambarita
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help