TribunMedan/
Home »

Sumut

Calon Perseorangan Butuh 20.450 e-KTP

KPU Kabupaten Dairi resmi mengeluarkan petunjuk teknis syarat pasangan calon bupati jalur perseorangan tahun 2018

Calon Perseorangan Butuh 20.450 e-KTP
(Tribun-Medan.com/Bobby Silalahi)
Pilkada serentak 2018 (Tribun-Medan.com/Bobby Silalahi) 

TRIBUN-MEDAN.com, SIDIKALANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dairi resmi mengeluarkan petunjuk teknis syarat pasangan calon bupati jalur perseorangan tahun 2018. Syarat ini mengacu pada daftar pemilih tetap (DPT) pada saat pemilihan presiden. Tercatat dalam DPT Pilpres tahun lalu, DPT Kabupaten Dairi mencapai 204.494 pemilih. Sehingga bagi calon yang mendaftar secara independen harus mengumpulkan 10 persen dari DPT atau 20.450 lembar e-KTP. 

"Kita sudah resmikan syarat-syarat untuk perseorangan. Kita keluarkan pada tanggal 10 September kemarin," ujar Kimisioner KPU, Veryanto Sitohang, Kamis (14/9). 

Dijelaskannya, selain terdaftar di DPT dan DP4, pihak calon wajib mengumpulkan KTP elektronik bukan dalam bentuk lama. Jika masyarakat menggunakan surat keterangan, pihak KPU akan segera melakukan klarifikasi ke Disdukcapil. 

"Sudah mengumpulkan KTP ke KPU. Lalu kami klarifikasi jumlahnya atau masih berlaku atau gak. Sudah clear semua, kami turunkan ke kecamatan lalu ke kelurahan dan desa," ujarnya.

Baca: KPUD Dairi Gelar Sayembara Maskot dan Jingle Berhadiah 18 Juta, Ini Syaratnya

Pihak KPU juga akan melakukan kunjungan langsung ke rumah-rumah yang menyerahkan KTPnya. Dikatakan Veryanto, hal ini tak dapat diwakilkan. 

"Kalau tidak di rumah, kami koordinasi dengan LO nya. Yang pnting harus bertemu, inilah namanya fakta faktual,"ujarnya. 

Pendaftaran calon lewat jalur independen dibuka pada 25 November 2017 hingga 29 November. Sedangkan, calon dari partai yakni 8 Januari 2018 hingga 10 Januari 2018.

Veryanto mengatakan, KPU Kabupaten Dairi telah mengajukan permohonan anggaran sebesar Rp 34,9 miliar. Anggaran ini naik secara signifikan dari pemilu sebelumnya. 

Baca: Sampai Di Alur Subur, Anggota KPUD Dairi Minta Ayam Bakar Ke Warga

Menurut Veryanto, kenaikan anggaran ini karena pihak KPU juga turut menyediakan alat peraga bagi pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil. Hal ini berbeda dari tahun pemilihan sebelumnya.

"Kami prediksi ada empat paslon yang akan maju dalam bursa Pilkada Dairi," ujarny.

Setiap calon yang maju dari partai harus mengumpulkan minimal tujuh kursi untuk bisa mendaftar ke KPU Dairi. Sehingga, kata Veryanto, jumlah anggota dewan sebanyak 35 kursi dapat mengahasilkan maksimal empat paslon. 

"Kita kalikan saja 7 × 4 = 28. Jadi kita usulkan empat Paslon. Bahkan, ada satu partai yang dapat memenuhi langsung persyaratan," ujarnya.

Veryanto menambahkan, saat ini pihaknya juga tengah membuat sayembara dalam mendesain maskot KPU Dairi. “KPU juga tengah melakukan pembentukan PKK, PPS, dan KPPS. Selanjutnya akan melakukan pengolahan daftar penduduk potensial pemilih pemilihan (DP4),” katanya.(*)

Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help