TribunMedan/

Skutik Bongsor XMAX 125 Meluncur, Kapan Hadir di Tanah Air? Ini Penjelasan Yamaha

Dilansir dari Paultan, meski berkapasitas mesin lebih kecil, skutik tersebut tetap memiliki tampilan bongsor seperti versi XMAX 250, 300, dan 400.

Skutik Bongsor XMAX 125 Meluncur, Kapan Hadir di Tanah Air? Ini Penjelasan Yamaha
YAMAHA
Yamaha XMAX 125 CC 

TRIBUN-MEDAN.COM - Setelah versi 250, Yamaha bersiap menghadirkan XMAX bermesin 125 cc yang akan dipasarkan di Eropa.

Dilansir dari Paultan, meski berkapasitas mesin lebih kecil, namun skutik tersebut tetap memiliki tampilan bongsor seperti versi XMAX 250, 300, dan 400.

XMAX 125 akan menjadi keluarga baru X-Max-Series yang sudah dilengkapi beragam fitur modern. Seperti keyless start, USB charging port 12 V, anti-lock braking system (ABS), sampai Traction Control System (TCS).

Kesan mewah bukan hanya didapat dari tampilan bongsor, tapi juga berkat penggunaan lampu LED pada bagian depan dan belakang. Kenyamanan dalam menyimpan barang bawaan dijamin dengan kompartemen jok yang mampu menampung dua helm full facesekaligus.

Untuk mengakomodasi pengendara dengan berbagai tinggi badan, Yamaha membuat layar yang bisa diatur serta setang kemudi dengan sistem adjustable dalam dua pilihan mode, ke depan atau belakang. Sementara kaki-kaki mengaplikasi pelek 15 inci di depan dan 14 inci di belakang, yang dibungkus dengan ban berprofil lebar.

Mesin XMAX 125 mampu memproduksi tenaga sebesar 14 tk dan torsi 12 Nm. Mesin SOHC tersebut diklaim sudah lolos dari uji emisi Euro IV yang wajib bagi kendaraan di Eropa. 

Yamaha XMAX 125 CC
Yamaha XMAX 125 CC

Yamaha memberikan empat pilihan warna menarik, yakni Radical Red, Sonic Grey, Phantom Blue dan Blazing Grey. Meski akan dipasarkan pada Oktober 2017 mendatang, tapi Yamaha masih menutup rapat bocoran banderol harga dari keluarga baru XMAX.

Apakah XMAX 125 meluncur di jalanan Indonesia?  

Namun jangan berharap sepeda motor skutik ini akan dipasarkan di Indonesia, karena secara spesifikasi, XMAX 125 dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pasar Eropa.

"Soal kenapa mesin lebih kecil karena regulasi, jadi dibuat untuk ditawarkan ke masyarakat Eropa yang memiliki surat izin mengemudi (SIM) A1. Di Eropa itu regulasi SIM didasari dari silinder mesin," kata M Abidin, General Manager After Sales & Public Relation Yamaha Motor Manufacturing Indonesia (YMMI), saat dihubungi KompasOtomotif, Kamis (14/9/2017).

Menurut Abidin, XMAX 125 memang dibuat dan diproduksi khusus pasar Eropa. Meski demikian, desain yang digunakan tetap mengacu pada model keluarga XMAX lain, seperti model 300 dan 400 agar tetap terlihat khas. 

Yamaha XMAX 125 CC
Yamaha XMAX 125 CC

"Kalau dibawa ke Indonesia, jelas tidak masuk, karena beda dan bakal banyak penyesuaian. Kita (Yamaha Indonesia) lebih memberikan pilihan pada kapasitas besar saja, karena memang konsumennya ada di sana," ujar Abidin.

Yamaha XMAX 125 dibekali mesin satu silinder 124 cc SOHC dengan standar emisi Euro IV yang memiliki tenaga 15 tk dan torsi 12 Nm. Skutik ini ditawarkan dengan ragam fitur modern seperti yang dimiliki keluarga XMAX lain.

Yamaha XMAX 125 CC

Yamaha XMAX 125 CC

STANLY RAVEL

Artikel ini sudah tayang di kompas.com berjudul: Jangan "Ngarep" XMAX 125 Masuk Indonesia

 

Editor: Tariden Turnip
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help