TribunMedan/
Home »

Video

VIDEO

Beberapa Titik di Sumut Mengalami Banjir, Ini Penjelasan BMKG

berdasarkan analisis yang panjang penyebab terjadinya banjir di beberapa daerah tersebut diakibatkan curah hujan yang ekstrem.

Laporan Wartawan Tribun Medan, Victory Arrival Hutauruk

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Beberapa daerah di Sumatera Utara mengalami curah hujan tinggi memasuki bulan September 2017. Hal ini menyebabkan di beberapa titik wilayah seperti Tebingtinggi mengalami banjir mencapai dua meter.

Analis Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan, Melanton Haloho mengatakan berdasarkan analisis yang panjang penyebab terjadinya banjir di beberapa daerah tersebut diakibatkan curah hujan yang ekstrem.

"Kita lakukan analisis yang panjang terjadinya banyak pola ilklim terutama curah hujan yang lebih ekstrem dari biasanya," tuturnya, Senin (18/9/2017) di Kantor BBMKG Wilayah I Medan, Jalan Ngumban Surbakti, No. 15, Medan.

Baca: Di Posko Kemensos, Korban Banjir Disuguhi Makanan Mi Instan dan Ikan Kaleng

Pria berkemeja putih ini menjelaskan terdapat beberapa daerah di Sumatera Utara yang mengalami curah hujan yang basah namun ada juga daerah yang memiliki curah hujan kering.

"Curah hujan ekstrem yang terjadi ini disebabkan karena adanya gangguan tekanan udara pada atmosfir laut cina selatan dan samudra hindia, namun di beberapa tempat di Sumut masih memiliki masih kering," kata Melanton.

Baca: Korban Banjir Mulai Terjangkit Berbagai Penyakit, Ini yang Terbanyak

Ia menambahkan pihak BMKG Medan telah berkoordinasi tentang perkiraan cuaca dengan membagikan hasil analisis pergerakan awan dan potensi curah hujan di setiap perwakilan daerah.

"Hal tersebut dimaksudkan sebagai langkah antisipatif pemerintah setempat terhadap efek yang akan ditimbulkan," tutupnya Melanton.(*)

Penulis: Victory Arrival Hutauruk
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help