TribunMedan/

HORE! Proyek Jalan Rabat Beton di Desa Siruar Akhirnya Selesai

Kepala Desa (Kades) Siruar, Rumondang Sitorus, mengapresiasi perusahaan dalam membangun infrastruktur bagi warga Dusun Amballassang.

HORE! Proyek Jalan Rabat Beton di Desa Siruar Akhirnya Selesai
Dokumentasi
Staf Departemen Pengembangan Masyarakat PT Toba Pulp Lestari, Tbk Rosmelina Sinaga, menyerahkan bantuan jalan rabat beton kepada Kepala Desa (Kades) Siruar, Rumondang Sitorus, di Dusun Amballassang, Desa Siruar, Kecamatan Parmaksian, , Selasa (19/9/2017) 

TRIBUN-MEDAN.COM, BALIGE – PT Toba Pulp Lestari, Tbk. (TPL), perusahaan penghasil bubur kertas, resmi menyerahkan proyek pembangunan jalan rabat beton di Dusun Amballassang, Desa Siruar, Kecamatan Parmaksian, dan renovasi bangunan atap Masjid Al Muttaqin, di Desa Lumban Gurning, Kecamatan Porsea, Selasa (19/9/2017).

Kepala Desa (Kades) Siruar, Rumondang Sitorus, mengapresiasi perusahaan dalam membangun infrastruktur bagi warga Dusun Amballassang. Sehingga memudahkan warga dalam beraktivitas sehari-hari.

Baca: Celoteh Warga Terkait Pembangunan Balige By Pass yang tak Sesuai Rencana

“Warga kini tidak lagi kesulitan dalam beraktivitas dan nyaman untuk melakukan kegiatannya sehari-hari. Warga kini bisa membawa hasil panen, hasil ternak, dan anak-anak ke sekolah lebih mudah,” ujar Rumondang Sitorus.

Lisbo Simangunsong, warga Dusun Amballassang mengatakan bahwa dirinya kini sudah bisa membawa hasil panen padinya tanpa harus bersusah payah melewati jalan tanah pasir.

“Dulu ada warga disini terjatuh hingga tangannya patah karena kesulitan membawa hasil panennya. Tapi kini setelah ada jalan rabat beton, semua warga lebih mudah membawa hasil panen sawahnya,” ujar Lisbo.

Baca: Perayaan Karnaval Pesona Danau Toba, Jalan Utama Balige Ditutup

Bantuan pembangunan jalan rabat beton di Dusun Amballassang sepanjang 315 meter (m) dengan lebar 2,5 m ini menelan biaya Rp119, 7 juta.

Jalan rabat beton di Dusun Amballassang ini akan mendukung aktivitas sosial dan perekonomian masyarakat di Dusun Amballasang yang memiliki populasi 26 kepala keluarga (KK) atau sekitar 100 jiwa.

Sementara itu, bantuan renovasi bangunan atap dan plafon Masjid Al-Muttaqin yang senilai Rp 70,3 juta ini akan memberikan kenyamanan dan keamanan dalam beribadah bagi jamaah yang berasal dari tiga desa, yaitu Desa Lumban Gurning, Desa Lumban Huala, dan Desa Tangga Batu II, sebanyak sekitar 80 KK  atau sekitar 450 jiwa.

Ketua Pembangunan Masjid Al Muttaqin, Abdul Rahman Gurning, menyambut baik itikad baik PT TPL dalam membantu kenyamanan jemaah beribadah.

“Sejak tahun 1980-an masjid ini tidak pernah ada renovasi atau perbaikan pada bagian atap sehingga sebagian jemaah tidak bisa beribadah dengan nyaman. Kami berterimakasih kepada pihak perusahaan dan kami seluruh jamaah disini akan merawatnya dengan baik,” ujar Abdul Rahman Gurning.

Manajer Pengembangan Masyarakat PT TPL, Ramida Siringoringo, mengungkapkan bahwa bantuan  PT TPL di kedua proyek di dua Kecamatan ini memberikan kenyamanan dalam beribadah di Masjid Al Mutaqqin dan meningkatkan produktivitas masyarakat di Dusun Amballassang.

“Kami berharap jamaah yang beribadah di Masjid Al Mutaqqin menjadi lebih nyaman dan semakin banyak menggelar kegiatan-kegiatan religi yang bermanfaat bagi seluruh jamaah. Selain itu, masyarakat di Dusun Amballassang dapat semakin maju dan mari kita sama-sama merawat jalan rabat beton ini. PT TPL berkomitmen untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat,” ujar Ramida.

PT TPL sebelumnya telah memperbaiki dan memasang lampu jalan di 54 titik di Kecamatan Parmaksian serta menyerahkan dua unit tiang listrik di Desa Siruar.(*)

Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help