TribunMedan/

Penindakan Pakai Bukti CCTV Masih Sulit Diterapkan

"Kalau melihat ke arah itu, masih butuh waktu lagi. Tetapi ke depan bisa saja kita terapkan," kata Halim.

Penindakan Pakai Bukti CCTV Masih Sulit Diterapkan
Tribun Medan/Hendrik
Staf ATCS (Area Traffic Control System) Dinas Perhubungan Kota Medan Fahrizki memperlihatkan satu di antara persimpangan yang dilengkapi dengan pengeras suara, Selasa (19/9/2017). 

TRIBUN-MEDAN.com, JAKARTA-Kota yang baru menerapkan tilang menggunakan bukti kamera CCTV, baru Surabaya, Jawa Timur.

Nantinya, menurut Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas Polri) Irjen Pol Royke Lumowa, bisa direalisasikan di seluruh wilayah Indonesia.

Fokus jangka waktu pendek diterapkan di beberapa kota besar, termasuk DKI Jakarta dan sekitarnya. Namun menurut Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Halim Panggara, masih banyak yang harus dipenuhi.

"Paling utama mengenai data pemilik kendaraan, semuanya harus terintegrasi dan terdaftar, sehingga jika kena tilang mudah dicari," ujar Halim saat dihubungi Otomania.com, Selasa (19/9/2017).

Halim lalu menjelaskan, selain itu sumber daya termasuk infrastruktur pengadaan CCTV juga perlu diperbanyak.

Setiap lampu merah dan tempat lainnya harus dipasang kamera pengintai, sehingga mobil atau sepeda motor yang melanggar lalu lintas bisa langsung direkam.

"Kalau melihat ke arah itu, masih butuh waktu lagi. Tetapi ke depan bisa saja kita terapkan," kata Halim.

Masalahnya, lanjut Halim sekarang ini data pemilik kendaraan bermotor yang ada di DKI Jakarta dan sekitarnya saja masih belum tertata dengan baik, perlu ditekankan lagi agar rencana itu bisa direalisasikan di Ibu Kota. (Otomania.com/Aditya Maulana)

Tags
tilang
CCTV
Editor: Liston Damanik
Sumber: otomania.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help