TribunMedan/

DI SIDIKALANG! Pesta Budaya Njuah-njuah dan Festival Kopi, Ini Rangkaian Acaranya

Tak ketinggalan pula suku yang terdapat di Kabupaten Dairi seperti Karo, Toba, Simalungun, Mandailing, dan Jawa.

DI SIDIKALANG! Pesta Budaya Njuah-njuah dan Festival Kopi, Ini Rangkaian Acaranya
ist
RAngkaian kegiatan Pesta Njuah-njuah, Jumat (22/9/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Tommy Simatupang

TRIBUN-MEDAN.com, SIDIKALANG - Kabupaten Dairi segera menyelenggarakan Pesta Budaya Njuah-njuah dan Festival Kopi pada Senin (25/9) hingga Sabtu (30/9).

Sejak tahun 1995, Pesta Njuah-njuah hanya dilakukan satu hari, kali ini Pemerintah Kabupaten Dairi melaksanakan selama enam hari.

Pesta ini akan menonjolkan seni dan budaya Suku Pakpak. Namun, tak ketinggalan pula suku yang terdapat di Kabupaten Dairi seperti Karo, Toba, Simalungun, Mandailing, dan Jawa.

Baca: Garuda Indonesia Travel Fair Hadir Lagi di Medan, Ini Promonya

Baca: TERUNGKAP! Ternyata Kerugian Calon Jemaah Umrah Kafilah Rindu Kabah Capai Rp 50 Miliar

Pada pembukaan atau Senin (25/9), akan dilaksanakan kirap budaya dengan memunculkan tarian dan gendang Pakpak dengan komplit, hasil tani, dan kolaborasi seni generasi muda Sidikalang. Akan ada juga fashion show mengenakan pakaian Pakpak.

"Fashion show ini bisa menghadirkan ciri-ciri lokal Pakpak mau warna atau pun dekorasi,"ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Dairi, Leonardo Sihotang, Jumat (22/9/2017).

Pada malam harinya, para pemuda akan menampilkan pertunjukan drama Legenda Danau Sicike-cike. Danau yang terdapat di Kabupaten Dairi.

Pada Selasa (26/9) hingga Jumat (29/9), akan ada permainan tradisional seperti Margala, Marjalengkat, dan gasing. Pada pesta ini juga akan ada Marsodip (ritual) budaya Pakpak.

Halaman
12
Penulis: Tommy Simatupang
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help