Baca Edisi Cetak Tribun Medan

Kereta Api Trans Sumatera Selesai 2019, Sedang Pengerjaan Binjai-Besitang

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, proyek jalur kereta api dari Medan menuju Langkat, dan langsung ke Aceh adalah proyek prioritas.

Kereta Api Trans Sumatera Selesai 2019, Sedang Pengerjaan Binjai-Besitang
Tribun Medan / Ayu
Suasana di Stasiun Kereta Api Medan. 

MEDAN, TRIBUN - Kementerian Perhubungan menargetkan pengerjaan kereta api Trans Sumatera rampung di akhir tahun 2019 mendatang.

Hal tersebut dikatakan Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi di sela-sela kunjungan ke Kampung Berseri Astra di Cengkeh Turi Binjai, Minggu (24/9).

Ia menjelaskan, proyek pengerjaan jalur kereta api trans Sumatera yang digagas Presiden Joko Widodo dari Medan menuju Langkat, dan langsung ke Aceh tersebut adalah proyek prioritas.

"Pengerjaan kereta api Trans Sumatera akan diprogramkan terus. Kalau pun ada berhenti hanya masalah dokumentasi saja," jelasnya.

Ia menuturkan, kereta api Trans Sumatera adalah proyek prioritas dari pemerintah pusat menjadi satu projek strategis nasional. Oleh karena itu pengerjaannya hanya masalah waktu saja.

Kepala Seksi Lalu Lintas dan Keselamatan Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumatera Utara, Iskandar, kepada Tribun, mengatakan, saat ini Kereta Api Trans Sumatera sedang dalam pengerjaan.

"Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumatera Utara saat ini sedang melakukan pengerjaan rel kereta api dari arah bawah dan arah atas," terangnya.

Ia menjelaskan, saat ini sedang dilakukan pengerjaan Binjai-Besitang dengan panjang sekitar 80 kilometer.

Kemudian juga sedang dilakukan pengerjaan untuk Besitang-Sei Liput, serta juga pembangunan di Rantau Prapat menuju Kota Pinang sepanjang 48 kilometer.

"Kendala terbesar dari pengerjaan Kereta Api Trans Sumatera ini adalah pembebasan lahan. Apalagi dalam pembebasan lahan melibatkan instansi pemerintahan daerah dan juga masyarakat sehingga memerlukan waktu yang cukup panjang," jelasnya.

Halaman
1234
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved