Pak Jokowi, Kalau Mau Maju Lagi di Pilpres 2019 Pikir-pikir Dulu! Begini Hasil Survei Teranyar

Tampaknya Presiden Joko Widodo harus memikirkan matang-matang jika ingin maju ladi di Pemilihan Presiden 2019.

Pak Jokowi, Kalau Mau Maju Lagi di Pilpres 2019 Pikir-pikir Dulu! Begini Hasil Survei Teranyar
Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden.
Presiden Joko Widodo saat menjadi pembicara kunci dalam Rapat Komisi Asia Ikatan Notaris Internasional (CAAsUNIL) dan Seminar Internasional Ikatan Notaris Indonesia (INI) di Bali Nusa Dua Convention Centre, Bali, Jumat (8/9/2017). 

TRIBUN-MEDAN.COM - Tampaknya Presiden Joko Widodo harus memikirkan matang-matang jika ingin maju ladi di Pemilihan Presiden 2019.

Pasalnya hampir 50 persen dari 800 masyarakat tidak akan memilih Joko Widodo ( Jokowi), jika Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden dilakukan pada bulan lalu.

Hasil ini diketahui berdasarkan survei yang dilakukan oleh Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) pada 8 hingga 27 September 2017.

Survei dilakukan di delapan kota yakni Medan, Padang, Palembang, Bandung, Semarang, Surabaya, Makassar, dan Jakarta kecuali Kepulauan Seribu.

Baca: ASTAGA! Ada Pesta Gay di Seberang Istana Presiden Jokowi, Kok Bisa?

Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara tatap muka. Adapun margin of error (MoE) sekitar 3,5 persen.

"Kami juga menanyakan tentang pilihan Presiden bila pemilu dilakukan di hari saat pertanyaan diajukan. Responden yang memilih Jokowi 44,9 persen, sementara yang memilih opsi jawaban selain Jokowi ada 48,9 persen, dan sisanya tidak menjawab," kata Founder Lembaga Survei KedaiKOPI, Hendri Satrio, melalui keterangan tertulisnya, Minggu (8/10/2017).

Hendri melanjutkan, sejumlah nama yang muncul dari responden di antaranya Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Selain itu, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini dan Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Baca: Presiden Jokowi Akan Datang ke Medan, Pemprov dan Pemkab Tancap Gas Lakukan Hal Ini

Menurut Hendri, hasil survei tersebut juga berpengaruh terhadap pilihan partai politik di 2019.

"Hanya 41,3 persen responden yang mengaku akan memilih partai politik pengusung Jokowi pada 2019 nanti, 53,5 persen menjawab tidak akan memilih, sementara sisanya memilih untuk tidak menjawab," kata Hendri.(*)

Berita Ini Sudah Tayang di Kompas.com dengan Judul Survei: Lebih dari 50 Persen Tak Pilih Jokowi jika Pemilu Digelar

Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved