TribunMedan/
Home »

Taput

Silangit Siap Diresmikan Jadi Bandara Internasional, Ini yang Kurang

Bandara Silangit akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 28 Oktober mendatang.

Silangit Siap Diresmikan Jadi Bandara Internasional, Ini yang Kurang
Tribun Medan/Arjuna Bakkara
TRIBUN MEDAN/ARJUNA BAKKARA Sejumlah pekerja sedang membenahi lapangan parkir Bandara Silangit menjelang peresmian yang akan dihadiri Presiden Jokowi pada 28 Oktober mendatang. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Arjuna Bakkara

TRIBUN-MEDAN.com, SIBORONGBORONG- Bandara Silangit akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 28 Oktober mendatang. Bersamaan dengan waktu peresmian, penerbangan ke luar negeri dari Bandara Silangit secara rutin akan segera beroperasi.

Kepala Bandara Silangit, Hotasi Manalu mengatakan, beberapa perusahaan penerbangan telah menyiapkan penerbangan rute Silangit-Singapore pulang pergi.

"Perusahaan penerbangan, kemudian BODT, Kemenhub telah mempersiapkan penerbangan pada tanggal 28 Oktober nanti. Itu akan berkelanjutan," ujarnya saat ditemui di Bandara Silangit, Siborongborong Tapanuli Utara, Rabu (11/10/2017).

Katanya, penerbangan akan dijadwalkan tiga kali seminggu, yakni Selasa-Kamis dan Sabtu. Penerbangan tersebut bersifat komersial, namun basis penerbangannya masih sistem charter.

Kepala Bandara Silangit Hotasi Manalu.
Kepala Bandara Silangit Hotasi Manalu. (Tribun Medan/Arjuna Bakkara)

Nantinya penerbangan masih melayani rute Singapore-Silangit dengan membawa penumpang 98 orang. Selanjutnya, pergi mengantar penumpang kembali ke Singapore.

"Tetapi, menjemput penumpang dari Singapore. Dari Silangit ke Singapore, memang kosong. Hal bertujuan untuk menarik wisatawan agar semakin banyak yang berkunjung ke Danau Toba, jadi kita tidak membawa penumpang ke sana, kecuali mengantarnya nanti setelah mereka tiga hari di Danau Toba," bebernya.

Dia menambahkan, untuk maskapai yang digunakan dalam rute internasional nantinya adalah pesawat Garuda Indonesia jenis bombardier. Diharapkannya, Januari 2018 penerbangan tersebut sudah dapat berubah menjadi penerbangan reguler.

Hotasi menjelaskan, segala fasilitas yang dimiliki Bandara Silangit sudah lengkap serta memenuhi ketentuan bandara internasional. Namun, ia menilai perlu ada penambahan petugas dari 75 orang dinaikkan menjadi 150 orang untuk berbagai departemen.

"Ketersediaan petugas masih kurang. Contohnya security. Kan enggak mungkin yang shift pagi-sore mereka lagi yang malam. Jadi harus ditambah," sebutnya. (cr1/tribunmedan.com)

                                     ***  Klik Berita Lainnya  ***  

                                           #BreakingNEWS

Halaman
1234
Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help