TribunMedan/
Home »

Cetak

Ingin Cicipi Nasi Lemak Otentik Penang, Ada di Medan

Nasi Lemak memang terbuat dari nasi yang dimasak bersama santan dan juga rempah-rempah seperti jahe, serai, dan juga daun pandan

Ingin Cicipi Nasi Lemak Otentik Penang, Ada di Medan
Tribun Medan
Nasi Lemak 

TRIBUN-MEDAN.com - Bagi Anda yang pernah berkunjung ke Malaysia, pasti menyadari suasana di restoran Spice's King di Ringroad City Walks di Jalan Gagak Hitam, Medan, cukup familiar seperti berada di Penang.

Pasalnya, banyak lukisan mural 3 dimensi mirip seperti mural di Penang, serta pajangan gerobak dorong yang menjadi ikon jajanan kaki lima di sana, juga dipajang di restoran tersebut, lengkap dengan menu makanan yang ditawarkan juga diletakkan di dalam gerobak.

Ada mural 3 dimensi lukisan orang dan makanan, namun dipadupadankan dengan mangkok asli dan kayu gerobak yang asli pula, sehingga lukisan mural tampak semakin asli secara keseluruhan.

Baca: Pecinta Kuliner Khas Bandung, terutama Cewek Medan, Suka Seblak Ceker

Menu yang ditawarkan pun perpaduan makanan Malaysia-Indonesia. Ada Nasi Lemak Goreng, terinspirasi dari nasi lemak yang biasanya dinikmati untuk sarapan sehari-hari di Indonesia, Malaysia, Brunei, Singapura, dan juga Thailand Selatan.

Nasi diolah dengan digoreng serta ditaburi ikan teri Medan dan irisan telur dadar gulung serta sambal dengan rasa pedas sesuai selera.

Chef Jeffery, sang owner, menuturkan, nasi lemak bukanlah nasi yang dimasak bersama lemak dari daging. Lemak di sini berarti rich dan creamy. Rich karena kaya akan rasa dan creamy karena dimasak dengan santan yang creamy. Semakin kaya akan rasa gurih saat disajikan dengan digoreng.

"Nasi Lemak memang terbuat dari nasi yang dimasak bersama santan dan juga rempah-rempah seperti jahe, serai, dan juga daun pandan untuk menambah aroma. Makin ke sini, menu ini makin berkembang. Berbagai variasi lauk bisa ditambahkan menjadi teman menyantap nasi lemak," kata finalis ajang Iron Chef Internasional yang digelar di Thailand ini.

Ia menuturkan, restoran ini banyak menyajikan menu andalan Malaysia, Penang Khususnya. Ada nasi lemak dengan paduan ayam goreng kecap yakni Nasi Goreng Judes Sizzling dan nasi goreng dengan campuran udang dan cumi-cumi dengan rasa pedas sesuai namanya, Nasi Lemak Goreng Judes.

Tidak ketinggalan Penang Mamak Mie yang sekilas mirip sajian mi seafood atau mi balap khas Medan tapi dengan olahan bumbu Chef Jeffery.

Selain itu, ada juga hidangan favorit laksa, satai, mee, dan char kwey teow. Restoran menjanjikan cita rasa autentik khas negeri jiran pada menunya.

"Sajian olahan mi yakni Sizzling Sangie Mie dan Sweet & Sour Mie juga tidak kalah nikmat dan menjadi favorit. Olahan mi kuning crispy yang dilumuri kuah panas dengan seafood, terinspirasi dari Mie Binjai. Kuah dicampur potongan sayuran sebagai penyeimbang, sajian ini tentu menjadi menu makanan yang mengenyangkan," katanya.

Slurrpp! Kuahnya terasa kental gurih. Paduan rempah dalam bumbunya juga seimbang sehingga memunculkan rasa yang pas. Berpadu enak dengan isian mi yang lembut mulur di dalamnya. Diseruput hangat rasa gurihnya makin nikmat.

Kemudian ada Nasi Lemak Sweet and Sour Fish yang juga tak boleh lewatkan. Seporsi nasi lemak tersaji lengkap dengan potongan ikan yang digoreng chrispy dan dipadu kuah kental dengan potongan cabai, paprika, dan tomat.

Hmmm... harumnya kuah menguar saat Anda menuangkannya pada nasi. Ikannya terasa gurih dengan tekstur empuk dan lembut. Rasa gurihnya terasa pas di lidah, tidak terlalu samar ataupun kuat.

Penulis: Silfa Humairah
Editor: Eti Wahyuni
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help