TribunMedan/

Kurangi Uang Kartal, BI Dukung Gerakan Nasional Non Tunai dengan Cara Ini

Upaya Less Cash untuk mengganti kebiasaan transaksi bersifat ritel selama ini,mengingat tungginya biaya instrumen tunai.

Kurangi Uang Kartal, BI Dukung Gerakan Nasional Non Tunai dengan Cara Ini
tribunmedan/dedy
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar, Ellie Tjan 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.COM, SIANTAR - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar mencanangkan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penggunaan instrumen non tunai.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar, Ellie Tjan menjelaskan melalui GNNT diharapkan agar masyarakat terbentuk dalam komunitas yang bertransaksi ekonomi dengan cara memakai instrumen non tunai (Less Cass Society).

Baca: LOLOS! PSMS Medan Jangan Gembira Dulu, Ini Pekerjaan Berat Pelatih Djajang Nurjaman Selanjutnya

Baca: Dukung Pengembangan UMKM, BI Siantar Resmikan Galeri Songket Batubara Hilwa Sejahtera

"Upaya Less Cash untuk mengganti kebiasaan transaksi bersifat ritel selama ini. Upaya ini mengingat tingginya biaya instrumen tunai. Penggunaaan uang elektronik di masyarakat akan meningkatkan efisiensi biaya transaksi rit, terutama dalam mengurangi biaya cash handling. Selain itu, LCS juga mengurangi biaya cetak dan operasional uang kartal yang diotorisasi Bank Indonesia," kata Elly Tjan di ruangannya, Kamis petang, (12/10/2017).

Kata Elly, perbankan sebagai penyedia layanan sistem pembayaran kepada masyarakat beperan penting dalam menyediakan produk dan infrastruktur jaringan pembayaran non tunai. Dukungan Pemko Pematangsiantar dan takeholder lainnya diharapkan bisa ikut serta saling mendukung.

Dalam rangka memperkenalkan dan meningkatkan awareness masyarakat terhadap pembayaran non tunai, KP BI Pematangsiantar melaksanakan kegiatan Kampanye Gerakan Nasional Non Tunai 2017, dalam waktu dekat.

"GNNT nanti tanggal 15 Oktober 2017 mengusung tema Generasi Muda Pematangsiantar sebagai pelaku Transaksi Non Tunai. Bertempat di Lapangan Pariwisata Jalan Merdeka Pematangsiantar," katanya.

GNNT nantinya akan diselenggarakan serangkaian acara edukasi dan sosialisasi kepada masayarakat. Dan akan dilakukan mulai di lingkungan kampus, sekolah.

"Kita adakan kegiatan Color Run 5K, Lomba Penulisan Artikel Populer GNNT, Lomba Foto Contest Selfie/Groupie, Lomba Penciptaan Jingle GNNT, dan Bazar," pungkasnya.(dyk)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help