TribunMedan/
Home »

Techno

» News

Terungkap Ada Tulisan Allah pada Bordiran Kostum Pemakaman Viking

Para peneliti di Swedia telah menemukan tulisan Arab pada kostum pemakaman perahu orang-orang Viking.

Terungkap Ada Tulisan Allah pada Bordiran Kostum Pemakaman Viking
Vikings, serial fiksi yang diadaptasi dari kehidupan suku Skandinavia yang dikenal sebagai perompak ulung, Viking. 

Benda-benda itu, yang selama ini diabaikan ddalam ruang penyimpanan selama lebih dari 100 tahun, merupakan contoh dari pakaian pemakaman di Era Viking.

Tetapi penelitian terbaru pada pakaian yang ditemukan di sebuah pemakaman peninggalan abad ke-9 dan 10, mengungkapkan adanya kontak antara orang-orang Viking dan dunia Muslim.

Desain tenun dengan menggunakan sutra dan perak itu ditemukan bordiran bertuliskan "Allah" dan "Ali".

Penemuan tulisan itu terungkap dalam kajian yang dilakukan pakar arkeologi tekstil, Annika Larsson dari Universitas Uppsala ketika meneliti kembali kostum dari laki-laki dan perempuan dan ruang kuburan.

Benda-benda itu ditemukan dari hasil penggalian di wilayah Birka dan Gamla Uppsala, Swedia, pada akhir abad ke 19 dan pertengahan abad 20.

Larsson tertarik dengan potongan-potongan itu setelah menyadari barang-barang tersebut berasal dari Asia Tengah, Persia dan Cina.

Larsson mengatakan bahwa desain geometris yang mungil dengan tinggi tak lebih dari 1,5 centimeter, tak sama dengan yang sebelumnya pernah dia temukan di wilayah Skandinavia.

"Saya tidak dapat memahaminya dan kemudian saya ingat di mana saya pernah melihat desain yang serupa, yaitu di Spanyol, pada tekstil Arab (Moor)."

Viking

Satu potongan yang berbahan sutra dan perak yang ditemukan di dua situs di Swedia, Birka dan Gamla Uppsala

Mengungkap teka-teki puzzle

Larsson menyadari itu sama sekali bukan rancangan orang-orang Viking, tetapi tulisan Arab Kufic kuno, yaitu dua kata yang terus berulang.

Halaman
1234
Editor: Tariden Turnip
Sumber: bbc
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help