TribunMedan/

Warga Bayar Pajak Penerangan Jalan 7 Persen, Tapi Banyak Jalan yang Belum Diterangi

Di daerah Medan Johor, Jalan Eka Sama, Eka Rasmi, Eka Warni, Karya Kasih dan Karya Wisata Ujung, lampu tidak berfungsi baik.

Warga Bayar Pajak Penerangan Jalan 7 Persen, Tapi Banyak Jalan yang Belum Diterangi
Tribun Medan / Risky
Petugas Dinas Pertamanan Kota Medan melakukan perbaikan lampu jalan yang padam di jalan protokol Kota Medan beberapa waktu lalu 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Ryan Achdiral Juskal

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) bagian dari nilai estetika sebuah kota.

Pancarannya dapat memberikan keindahan tatanan kota. Tidak hanya itu, fungsi dasar lampu pastinya memberi pencerahan bagi masyarakat, sehingga dapat memberikan keamanam dan kenyamanan di kala malam.

Namun, nilai estetika dan kenyamanan itu sedikit bergeser. Melalui pebelusuran Tribun Medan, banyak LPJU di Kota Medan yang tidak lagi hidup sebagaimana fungsinya.

Di daerah Medan Johor, Jalan Eka Sama, Eka Rasmi, Eka Warni, Karya Kasih dan Karya Wisata Ujung, lampu tidak berfungsi baik. Selain itu, di daerah USU, Jalan Pancing dan Jalan Mandala juga banyak lampu tidak menyala.

Baca: Kos-kosan Digerebek! Rina Diamankan Bersama Dua Pria, Ini yang Mereka Lakukan

Warga Medan Johor, Yugo mengatakan, di daerah rumahnya banyak lampu jalan yang tidak hidup. Hal ini pun membuat kenyamanan berkendara di malam hari terganggu.

Sebab, dengan padamnya lampu jalan tingkat kerawanan daerah tersebut pun semakin tinggi.

"Iya banyak padam lampunya, bahkan di jalan Eka Sama itu, yang bisa tembus ke kanal Deli Tua, rawan kali gak ada lampu. Di Johor ini pun semakin banyak begal, ya karena gak ada penerangan itu," ujarnya Kamis (12/10/2017).

Baca: WOW! Di Luar Dugaan, Siswi SMA Ini Bikin Jambret K.O, Begini Kejadiannya

Ketika disinggung terkait beban pajak penerangan jalan, lewat rekening listrik setiap bulannya yang sebesar 7 persen dari biaya rekening listrik, disambut Yugo dengan kekecewaan.

"Iya itulah, kan merugikan warga itu. Karena lampunya pun gak hidup. Banyak di sini yang tidak hidup. Sementara ada beban pajak saat pembayaran listrik," ungkapnya.

Baca: ALAMAK! Udah Beruban Pun, Tapi Kakek Ini Nekat Raba-raba Itunya Dua Bocah Sekaligus

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Rina Sari Ginting mengatakan, kepedulian instansi terkait untuk membenahi infrastruktur dan sarana pendukung lain sangat dibutuhkan seperti memaksimalkan lampu jalan, pemasangan CCTV di ruas-ruas jalan khususnya di titik rawan kejahatan.

"Selain penerangan, CCTV, juga peran serta di dalam lapisan masyarakat seperti kawasan pemukiman, perkantoran yang diharapkan kembali mengaktifkan siskamling dan Pam swakarsa," ungkapnya.(*)

Penulis: Ryan Achdiral Juskal
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help