TribunMedan/
Home »

Taput

KPU Taput Akan Seleksi Lima PPK Per Kecamatan dan Tiga PPS Per Desa

Divisi Hukum KPU Taput, Kopman Pasaribu menuturkan, pada seleksi ini nantinya akan dipilih lima anggota PPK dari setiap kecamatan

KPU Taput Akan Seleksi Lima PPK Per Kecamatan dan Tiga PPS Per Desa
Tribun Medan/Arjuna
Petugas KPU Taput sedang memeriksa berkas pendaftar pada perekrutan PPK dan PPS di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tapanuli Utara (Taput), Jalan SM Simanjuntak Tarutung, Jumat (13/10/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Arjuna Bakkara
 
TRIBUN-MEDAN.COM, TARUTUNG - Sejumlah terlihat bergantian mendatangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tapanuli Utara (Taput) di Jalan SM Simanjuntak Tarutung yang lokasinya tidak jauh dari Pasar Tradisional Tarutung, Jumat (13/10/2017) sejak pagi.

Mereka ingin mendaftarkan diri menjadi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Pemilihan Pemungutan Suara (PPS) untuk pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Bupati 2018.

Dua orang wanita yang mengaku sebagai petugas KPU yang dihunjuk melayani pendaftar sibuk memeriksa berkas-berkas pendaftar.Mereka memberi formulir untuk diisi para pendaftar.

"Pendaftaran sudah dibuka mulai semalam memang. Tapi ini kami masih memeriksa berkas-berkas saua dulu," tutur perempuan berjaket biru itu.

Baca: KPU Langkat Buka Pendaftaran PPK dan PPS untuk Pilgub Sumut

Katanya, pendaftaran akan berlangsung hingga 17 Oktober setelah dimulai sejak 12 Oktober lalu.
Pembentukan PPK dan PPS untuk mengakomidir pilkada serentak Gubernur, Bupati berdasarkan surat keputusan nomor 429/PP.05.3-R/1250/KPU-KAB/X/ 2017.

Divisi Hukum KPU Taput, Kopman Pasaribu menuturkan, pada seleksi ini nantinya akan dipilih lima anggota PPK dari setiap kecamatan. Sementara PPS, akan dipilih tiga anggota yang akan ditugaskan di setiap desa atau kelurahan di Taput.

Menurutnya, para peserta nantinya akan mengikuti tes sesuai waktu yang telah ditentukan.

Penentuan anggota PPK dan PPS itu akan disaring melalui tiga tahapan seleksi, mulai dari penelitian administrasi, seleksi tertulis , dan tes wawancara.

Baca: Bupati Taput: Perjuangkan Bandara Silangit, Gebrak Meja Dirut Garuda hingga Bisiki Presiden Jokowi

Pendaftaran calon anggota PPK dan PPS itu, terbuka untuk umum, asal sesuai persyaratan yang ditentukan. Adapun persyaratan hakni, Warga Negara Indonesia, berusia paling rendah 17 tahun, berdomisili dalam wilayah kerja PPK dan PPS.

Persyaratan lainnya, berpendidikan paling rendah Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) dan sederajat, serta belum pernah menjabat dua kali sebagai anggota PPK dan PPS.

Bagi masyarakat yang memenuhi persyaratan masih ada kesempatan untuk segera mengambil lalu mengisi formulir pendaftaran ke KPU.

Namun, katanyan khusus untuk pendaftaran calon anggota PPK hanya dibuka dan dilayani di sekreratriat KPU Kabupaten Taput. Sedangkan penerimaan pendaftaran calon anggota PPS diadakan di kantor-kantor kecamatan.

Baca: Kisah Perjuangan Hidup Nikson Nababan, Dari Ngamen, Sales Bergaji Rp 2.000 Hiingga Kini Jadi Bupati

Kopman berujar, untuk PPS dari Kecamatan Garoga, Pangaribuan, Sipahutar mendaftar di Kecamatan Pangaribuan. PPS Siatas Barita, Adiankoting dan Siloholon agar memasukkan berkas di Kantor Camat Tarutung.

Lalu, PPS Pahae Jae meliputi Pahae Julu, Simangumban, agar mendaftar di Kecamatan Pahae Jae. PPS Parmonangam dan Pagaran mendaftar di Kecamatan Pangaribuan.

"Sedangkan Untuk PPS Kecamatan Siborongborong dan Muara dapat mendaftar di Kantor Camat Siborong-borong," tambahnya.(*)

Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help