TribunMedan/

Menteri Agama Sebut tak Ada Ajaran Agama yang Merendahkan Orang dan Menumpahkan Darah

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menegaskan bahwa Indonesia adalah negara yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai agama

Menteri Agama Sebut tak Ada Ajaran Agama yang Merendahkan Orang dan Menumpahkan Darah
Kompas.com/ Nabilla
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam acara peluncuran survei nasional Kerukunan Umat Beragama. 

TRIBUN-MEDAN.COM - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menegaskan bahwa Indonesia adalah negara yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai agama, apa pun etnisnya.

Agama menjadi perekat keberagaman masyarakat.

"Agama menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan keseharian masyarakat yang terdiri dari berbagai suku bangsa," kata Lukman dalam kegiatan Pembinaan Peningkatan Kerukunan Umat Beragama yang dihadiri seluruh tokoh agama di Gorontalo, di asrama haji Gorontalo, Kamis (12/10/2017).

Baca: Nenek Kosiah yang Celupkan Wajah Cucu Tirinya ke Minyak Goreng Panas, Akhirnya Ditetapkan Tersangka

Baca: Warga Malang Ini Berani Hina TNI dan Bilang Gini, Akibatnya Bonyok Deh

"Pancasila yang kita kenal, hakekatnya adalah nilai-nilai agama, semua agama memiliki ajaran terkait substansi dan esensi Pancasila," ujarnya.

Lukman mengungkapkan, semua agama pun mengajarkan agar manusia menebarkan kemaslahatan, rahmat dan kedamaian bagi sesama serta cinta kasih.

"Tidak ada satu pun agama yang mengajarkan kita untuk saling menafikan satu sama lain, saling merendahkan dan saling menumpahkan darah," ungkapnya.

Jika ada konflik yang mengatasnamakan agama, lanjut dia, tentunya agama hanya dijadikan alat dari kepentingan yang sesungguhnya dari adanya konflik-konflik itu.

Baca: Istri Djarot Kemas-kemas Barang, Pindah menuju Rumah Kontrakan

Halaman
12
Editor: Abdi Tumanggor
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help