TribunMedan/
Home »

Sport

» Basket

Petinju PPLP Fokus Latihan Fisik

Menghadapi Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Tinju antar Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP), atlet tinju fokus benahi fisik.

Petinju PPLP Fokus Latihan Fisik
ist
Pelatih tinju PPLP Sumut foto bersama keenam fighternya, siap bertarung di Kejurnas antar PPLP se-Indonesia yang dihelat di Ambon, Maluku. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Menghadapi Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Tinju antar Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) se-Indonesia, atlet tinju Sumut fokus untuk benahi fisik.

Pada kejuaraan yang berlangsung di Ambon, Maluku pada 20 - 28 Oktober 2017 ini, kontingen PPLP Sumut berkekuatan enam petinju yang terdiri dari empat pria dan dua wanita.

Pelatih tinju PPLP Sumut Binsar Simamora mengatakan hasil evaluasi selama mengikuti pertandingan tingkat nasional yang menjadi kelemahan petinju pelajar Sumut dibandingkan petinju daerah lain terletak pada stamina dan fisik para petinju. 

"Apalagi dalam pertandingan tinju bagi para petinju lolos ke babak selanjutnya telah terkuras tenaganya dan akan berlaga lagi esoknya untuk mencapai partai final. Kita akui, di sini kelemahan kita dari tahun ke tahun yaitu stamina dan fisik," katanya kepada Tribun di kantor Disporasu Jalan William Iskandar Medan, Rabu (11/10).

Baca: Raih Hasil Positif Atas PPLP Sumut, Mahruzar Belum Puas Performa Legimin Dkk

Baca: Atlet Atletik PPLP Sumut Akan Gelar Try Out ke Luar Kota

Untuk itu, kata Binsar, dirinya serius menggenjot fisik keenam atletnya. Setiap hari dimulai dengan latihan lari sore yang rutin dan skipping lalu. Setelahnya mulai fokus untuk latihan teknik yang belum maksimal.

"Para petinju terus digenjot latihan mulai dari teknik pukulan, menghindari pukulan lawan dan paling utama dengan fokus latihan stamina dan fisik para petinju," katanya.

Dikatakannya, latihan keras ini untuk membuat atlet percaya diri, karena dari enam atlet yang dibawa empat masih baru perdana ikuti kejuaraan nasional. Selain itu, jam terbang untuk mengikuti pertandingan masih minim.

“Untuk itulah, tim pelatih secara bertahap melakukan pembenahan sehingga para petinju siap fight di arena tinju di Ambon. Petinju wajah baru yakni Dara Sirait (57 kg putri), Johanes Lubis (38 kg putra), Jose Napitupulu (46 kg putra) dan Dani Dona Marpaung (60 kg putra). Sedangkan wajah lama, Tegar Sihite (48 kg putra) dan Novida (54 kg putri). Untuk para wajah baru ini kita fokuskan agar mereka agar nantinya tidak gugup. Tentunya dengan latihan keras," jelas Binsar.

Binsar menambahkan, Kejurnas di Ambon ditargetkan untuk memperbaiki prestasi yang diraih di Kejurnas NTT tahun 2016 yang mendulang 4 medali perunggu. "Target tahun ini bukan pekerjaan yang mudah tapi harus dengan persiapan yang matang bagi para petinju. Kita ingin bawa emas bukan perak lagi," katanya.(*)

Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help