TribunMedan/

Presiden Jokowi Datang ke Medan, Harusnya Harga Barang Lebih Murah, Ini Baru Masuk Akal

Jokowi mencontohkan, saat ini harga barang di Singapura dan Malaysia dua kali lipat lebih murah ketimbang di Indonesia.

Presiden Jokowi Datang ke Medan, Harusnya Harga Barang Lebih Murah, Ini Baru Masuk Akal
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato saat peresmian Jalan Tol Trans Sumatera ruas gerbang tol Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (13/10/2017). Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol Trans Sumatera ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 61,72 km dan Medan-Binjai sepanjang 10,6 km yang telah siap dioperasikan.TRIBUN MEDAN/RISKI CAHYADI 

TRIBUN-MEDAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan dua ruas jalan tol di Medan, Sumatera Utara, Jumat (13/10/2017).

Dua ruas tersebut adalah Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi II hingga VI serta Medan-Binjai seksi 2 (Helvetia-Sei Semayang) dan seksi 3 (Sei Semayang-Binjai).

"Mobilitas barang, dan orang itu akan cepat sekali. Kalau barang cepat, transportasi akan lebih murah. Kalau transportasi murah, barang yang dibawa truk akan jatuh ke masyarakat lebih murah," ujar Jokowi saat peresmian.

Dia mencontohkan, saat ini harga barang di Singapura dan Malaysia dua kali lipat lebih murah ketimbang di Indonesia. 

Baca: Siswi Ini Tunggu Presiden Jokowi, Bawa Spanduk Kami Butuh Gedung Sekolah

Baca: Begini Video Jalan Tol yang akan Diresmikan Jokowi

Kalau harga transportasi bisa diturunkan, imbuh Jokowi, maka peringkat daya saing Indonesia akan meningkat. Seperti diketahui, tahun ini peringkat daya saing Indonesia naik dari yang sebelumnya 41, menjadi 36.

Hal tersebut pula yang membuat Jokowi memberi perhatian khusus terhadap pembangunan infrastruktur.

"Kalau saya ke lapangan saya selalu tanya ada masalah apa? Oh ruas Kualanamu-Medan-Tebing Tinggi pembebasan lahannya rampung," sebut Jokowi.

Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri BUMN Rini Soemarno (kanan) Menteri PUPR M Basuki Hadimuljono (kedua kanan) Gubernur Sumatera Utara T Erry Nuradi (kiri) dan Dirut PT Jasa Marga Desi Arryani (kedua kiri) memberi keterangan kepada wartawan disela-sela peresmian Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi dan Medan-Binjai, di Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (13/10). Peresmian Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi dan Medan-Binjai tersebut diharapkan dapat memacu pertumbuhan ekonomi di Pulau Sumatera khususnya di Sumut. ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi/nz/17
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri BUMN Rini Soemarno (kanan) Menteri PUPR M Basuki Hadimuljono (kedua kanan) Gubernur Sumatera Utara T Erry Nuradi (kiri) dan Dirut PT Jasa Marga Desi Arryani (kedua kiri) memberi keterangan kepada wartawan disela-sela peresmian Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi dan Medan-Binjai, di Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (13/10). Peresmian Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi dan Medan-Binjai tersebut diharapkan dapat memacu pertumbuhan ekonomi di Pulau Sumatera khususnya di Sumut. ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi/nz/17 ()

Dari kegiatannya yang sering turun ke lapangan seperti ke Medan, Jokowi juga menemukan fakta bahwa pembangunan infrastruktur mengalami kendala.

Halaman
12
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help