Jalan Rusak Parah, Petani Sawit Merugi Miliaran Rupiah

Sepanjang jalan, berkisar tiga kilo meter tampak batu-batu besar yang sewaktu-waktu dapat mengancam keselamatan pengendara.

Jalan Rusak Parah, Petani Sawit Merugi Miliaran Rupiah
Tribun Medan/Arjuna
Pengendara sepeda motor, nyaris terjatuh saat melintas di Jalan menuju Desa Meranti Timur, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Tobasa yang rusak parah, Jumat (20/10/2017) 

TRIBUN-MEDAN.COM, BALIGE - Sejumlah truk pengangkut sawit kesulitan melewati jalan rusak saat melintas di Desa Meranti Timur, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Toba Samosir, Jumat (20/10/2017).

Truk-truk Colt-diesel ini harus bermanuver ke kiri dan kAnan untuk menghindari lobang menganga dan bongkahan batu-batu besar.

Sepanjang jalan, berkisar tiga kilometer tampak batu-batu besar yang sewaktu-waktu dapat mengancam keselamatan pengendara.

Pengendara yang melintas terlihat harus ekstra hati-hati ketika berupaya melalui jalan tersebut. Belum lagi jika musim penghujan, jalantersebut bahkan tidak bisa dilalui mini bus dan kendaraan kecil lainnya.

Baca: NEKAT! Perampok Warga Negara Italia Ini Tendang Polisi saat Hendak Ditangkap

Dampak jalan rusak tersebut tidak hanya merugikan pengendara yang melintas. Namun juga berimbas pada perekonomian masyarakat yang menurun.

Seperti pengakuan Wasinton Siagian (52),  warga desa itu mengatakan jika petani kelapa sawit di desa mereka telah merugi hingga miliaran rupiah.

Masih kata Wasinton, desa mereka merupakan penghasil kelapa sawit terbesar di Kabupaten Toba Samosir sejak awal tahun 2000-an. Bahkan, hasil perkebunan kelapa sawit warga mampu menghasilkan hingga 100 ton per hari.

Baca: Akibat Jalan Rusak Sepanjang Tiga Kilometer, Banyak Pengendara Nyaris Terjatuh

Perkiraan kerugian itu ia kalkulasikan dari perbedaan harga kelapa sawit di desanya dengan desa tetangga yang hanya berjarak sekira tiga kilo meter. 

Halaman
12
Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help