TribunMedan/

Heboh Medsos

Lintah Bermunculan di Pangkalpinang, Ikan Mirip Belum Belut di Bengkayang, Pertanda Apa?

“Banyak sekali lintah yang muncul, sepertinya pingsan karena arus pasang,” kata Fifi yang saat itu bersantai bersama anggota keluarganya.

Lintah Bermunculan di Pangkalpinang, Ikan Mirip Belum Belut di Bengkayang, Pertanda Apa?
Facebook
Ikan aneh, hingga kini belum diketahui jenisnya 

TRIBUN-MEDAN.com - Fenomena alam langka muncul di muara sungai Jembatan Emas Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung. Ribuan lintah yang diduga dalam kondisi ‘mabuk’ mengapung terbawa arus muara pada Selasa (7/11/2017) sore.

Seorang warga Pangkalpinang, Fifi yang melihat pertama kali fenomena alam tersebut mengaku kaget dan khawatir.

“Banyak sekali lintah yang muncul, sepertinya pingsan karena arus pasang,” kata Fifi yang saat itu bersantai bersama anggota keluarganya.

Lintah yang muncul rata-rata berukuran lima sampai sepuluh sentimeter. Kemunculan lintah di kawasan Jembatan Emas, sambung Fifi, patut dikhawatirkan. Sebab cukup banyak warga yang berkunjung menikmati pemandangan alam terutama saat sore hari.

“Di kawasan ini pengunjung banyak yang memancing, bahkan ada juga yang bermain-main di kawasan ini,” ujarnya.

Lintah bermunculan dalam kondisi pingsan di kawasan muara Jembatan Emas Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung.

Lintah bermunculan dalam kondisi pingsan di kawasan muara Jembatan Emas Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung.(kompas.com/heru dahnur)

Kepala Seksi Konservasi Laut dan Wilayah Pesisir, DKP Kepulauan Bangka Belitung, Ardianeka menduga, kemunculan lintah karena faktor suhu yang berubah drastis. Kawanan lintah yang biasanya bersarang di daerah muara dan air tawar akhirnya terbawa arus ke pesisir pantai.

“Karena ini baru pertama kali laporannya, jadi perlu diuji dulu. Perlu ada pengambilan sampel untuk uji labor,” paparnya.

Kawasan Jembatan Emas Pangkalpinang melintasi muara Sungai Ketapang dan Batu Rusa. Saat ini, kawasan tersebut menjadi salah satu destinasi wisata lokal, karena bagian tengah jembatan yang bisa buka-tutup menggunakan mesin katrol. 

Tidak hanya di Pangkalpinang,  warga di Desa Sungai Raya, Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat juga heboh dengan kehadiran gerombolan ikan dengan postur yang tak lazim di sungai sekitar permukiman warga.

Halaman
12
Editor: Tariden Turnip
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help