TribunMedan/

Asita Fokus Promosikan Pariwisata Bromo Tengger Semeru

Pemilihan Surabaya sebagai tempat Rakernas karena Asita ingin mempromosikan destinasi wisata yang ada di Jawa Timur baik yang sudah tersohor

Asita Fokus Promosikan Pariwisata Bromo Tengger Semeru
Tribun Medan / Eris
Gunung Bromo 

TRIBUN-MEDAN.COM - Association of the Indonesian Tour & Travel Agencies ( Asita) akan menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) II di Hotel Ciputra, Surabaya pada 10-13 November 2017.

Pemilihan Surabaya sebagai tempat Rakernas karena Asita ingin mempromosikan destinasi wisata yang ada di Jawa Timur baik yang sudah tersohor ataupun belum dikenal. Ketua DPP Asita Indonesia, Asnawi Bahar mengatakan, konsep Rakernas II ini akan mengambil tema Fun Business, Explore the Beauty of Mount Bromo, dan Effective & Efficient B2B Forum. Rakernas ditargetkan akan diikuti 150 peserta.

"Rakernas II akan dihadiri perwakilan DPD Asita di seluruh Indonesia ada 33 DPD. Uniknya, para delegasi Asita Daerah nanti, diwajibkan untuk mengenakan baju adat daerahnya masing-masing. Juga akan ada Bromo Tengger Semeru Travel Mart Jatim yang mempertemukan buyer dan seller dalam sebuah forum B2B dan B2C," kata Asnawi Bahar, Jumat (3/11/2017) dalam siaran pers Kemenpar.

Baca: Pemda dan Pengelola Dihujat Akibat Pasang Tugu Besar di Kawasan Gunung Bromo

Asnawi Bahar menjelaskan, dalam pertemuan bisnis tertutup antarabuyer dan seller yang berlangsung dalam satu hari. Para seller berasal dari agen wisata, hotel, penyelenggara MICE, tempat wisata dan atraksi wisata sebanyak dari 30 kota/kabupaten di Jawa Timur. 

"Sementara buyer adalah agen-agen travel dari Indonesia dan berbagai negara di dunia yang ingin menjual paket tur wisata Jawa Timur(inbound). Ada juga pandangan berbeda pada table top antara sektor wisata dan sektor industri. Pada sektor industri, buyer adalah importir produk-produk Indonesia. Transaksi mereka bisa dilihat secara langsung dalam kontrak pada saat pertemuan," kata Asnawi Bahar.

Sebagai tujuan post tour, peserta akan dibawa ke Gunung Bromo. Dan sebagai opsi post tour lainnya, Madura dan Kota Batu akan bisa menjadi pilihan sendiri bagi para peserta.

"Post tour ini dirancang khusus untuk para buyer agar dapat secara langsung menyaksikan dan mengenal dari dekat daya tarik wisata Jawa Timur. Post tour ini akan digelar selama dua hari, tujuannya ke Bromo, Batu, Malang, Prigen dan Surabaya City Tour. Ada juga pilihan lain menuju ke Madura," ungkap Asnawi Bahar.

Menanti Sunrise di Bromo

Dalam post tour juga akan dimeriahkan berbagai atraksi. Contohnya dalam Surabaya City Tour, peserta akan disuguhi penampilan teatrikal dalam rangka Hari Pahlawan. 

Di kegiatan ini, juga akan digelar workshop yang akan menghadirkan narasumber dari Kementerian Pariwisata. Workshop ini bertujuan untuk membekali para pelaku pariwisata agar mereka lebih kreatif, up to date, dan siap bersaing di era digital.

Halaman
12
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help