TribunMedan/
Home »

Sumut

Advertorial

Tim UPPM Politeknik Negeri Meden Kembangkan Tanaman Obat di Desa Binaan

Program Pengabdian pada Masyarakat (PPM) Desa Binaan UPPM Politeknik Negeri Medan merupakan salah satu program PPM

Tim UPPM Politeknik Negeri Meden Kembangkan Tanaman Obat di Desa Binaan
Tim Program Pengabdian pada Masyarakat (PPM) Desa Binaan UPPM Politeknik Negeri Medan 

TRIBUN-MEDAN.com - Program Pengabdian pada Masyarakat (PPM) Desa Binaan UPPM Politeknik Negeri Medan merupakan salah satu program PPM yang harus dilaksanakan setiap tahun oleh dosen Polmed karena sebagai salah satu kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi. 

Tim UPPM dosen Polmed Jurusan Administrasi Niaga melaksanakan program Pengabdian pada Masyarakat Desa Binaan UPPM Politeknik Negeri Medan dengan kegiatan: Pelatihan Pemanfaatan Pekarangan Rumah dengan Tanaman Obat pada Masyarakat di Desa Selayang Kecamatan Selesai, Langkat Provinsi Sumatera Utara pada hari Sabtu, 14 Oktober 2017 dimulai pukul 10.00 sampai pukul 15.00. 

Sasaran strategis dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah masyarakat atau penduduk untuk dilatih agar memiliki keterampilan memanfaatkan pekarangan rumah untuk tanaman obat dan dapat dijadikan usaha kecil keluarga untuk menambah pendapatan keluarga.

Program tersebut dilaksanakan dalam dua kegiatan yaitu kegiatan pertama berupa penyuluhan dengan ceramah edukasi yang menjelaskan mengenai jenis-jenis tanaman obat dan manfaat tanaman obat bagi kesehatan dan kesejahteraan keluarga serta cara membudidayakan di pekarangan rumah sendiri.

Selanjutnya kegiatan kedua berupa praktik menanam tanaman obat di polybag dengan tanah humus yang dibawa oleh tim PPM sebagai bahan praktik dan sekaligus penyerahan tanaman obat sebanyak 15 jenis dengan jumlah bibit tanaman sebanyak 250 polybag. 

Diantara jenis tanaman obat yang diberikan kepada masyarakat desa Selayang ini, terdapat tanaman yang masih jarang ditemukan dan belum dikenal masyarakat seperti daun mint, daun Stevia yang rasanya manis dan dapat digunakan sebagai pemanis asli sehingga dapat digunakan sebagai pencegah penyakit diabetes. Bibit tanaman didistribusikan ke beberapa dusun. 

Hadir pada acara tersebut yaitu Kepala Desa, Babinsa dan aparat desa serta para ibu PKK yang berjumlah lebih 30 orang dari 7 dusun Desa Selayang Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara.

Program PPM ini mendapat perhatian yang cukup besar yang dibuktikan banyak peserta yang datang dan tekun mengikuti acara sampai selesai.

Tim PPM Politeknik Negeri Medan sebanyak 5 orang dengan ketua Dr. Agus Mariani Saragih, S.E., M.Si; Anggiat Parlindungan Simbolon, S.E., M.Si.; Alemina, S.E., M.Si; Netty, S.E., M.Si., Dra. Iriance Siahaan, M. Ed. Mgt.  

Selanjutnya program PPM yang telah diadakan tersebut dapat mencapai tujuannya yaitu adanya keberlangsungan kegiatan ini dan menjadikan masyarakat Desa Selayang menjadi masyarakat dan keluarga yang sadar kesehatan dan selanjutnya dapat masyarakat yang produktif dengan memanfaatkan pekarangan rumah dan dengan modal kecil dapat menjadi penghasil bahan baku obat-obatan herbal.  Selanjutnya masyarakat desa Selayang dapat menjadi pengusaha kecil menengah dalam produksi obat herbal yang saat ini sedang “trend”.  

Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help