Di Depan Jokowi, Presiden Trump Puji Indonesia Berhasil Bangkit dari Kemiskinan

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, memuji Indonesia saat berpidato dalam pembukaan forum kerja sama ekonomi APEC.

Di Depan Jokowi, Presiden Trump Puji Indonesia Berhasil Bangkit dari Kemiskinan
AFP/Anthony Wallace
Presiden Amerika Serikat berpidato pada KTT APEC 2017, di Vietnam, Jumat (10/11/2017). 

TRIBUN-MEDAN.COM - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, memuji Indonesia saat berpidato dalam pembukaan forum kerja sama ekonomi negara-negara Asia-Pasifik (APEC) di Da Nang, Vietnam, Jumat (10/11/2017).

"Indonesia selama berdekade-dekade telah membangun institusi domestik dan demokratis untuk mengelola wilayah luas yang terdiri dari 13.000 pulau," kata Trump di hadapan pemimpin negara APEC, termasuk Presiden Jokowi.

"Sejak 1990-an, rakyat Indonesia telah mengangkat diri mereka dari kemiskinan untuk menjadi negara dengan pertumbuhan tercepat di G20. Saat ini Indonesia adalah negara demokrasi terbesar ketiga di dunia," imbuhnya.

"Perubahan luar biasa" semacam itu, kata Trump, terjadi di seluruh Asia Tenggara.

Sebelumnya ia melontarkan pujiannya terhadap tuan rumah Vietnam, yang menurutnya, berhasil meningkatkan kesejahteraan, bahkan merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia.

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Da Nang, Vietnam, dan Manila, Filipina.

Kepala Negara bertolak dari Bandar Udara Halim Perdanakusuma dengan pesawat kepresidenan, Jumat (10/10/2017) sekitar pukul 10.35 WIB.

Ada dua konferensi yang akan dihadiri Jokowi di dua negara tetangga.

"Saya akan ke Vietnam dan Filipina, menghadiri KTT APEC dan KTT ASEAN," kata Jokowi sebelum keberangkatan di Lanud Halim Perdanakusuma.

Di KTT APEC, Jokowi dan delegasi Indonesia lainnya akan memperjuangkan Sustainable Development Goals (SDGs) dan mempersempit kesenjangan ekonomi.

Halaman
12
Editor: Tariden Turnip
Sumber: bbc
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved