TribunMedan/

Tanpa Lama Empukkan Daging, Buah Nanas Ampuh dengan Waktu Cepat

Untuk mengempukkan daging agar tidak keras saat dikonsumsi, biasanya ibu-ibu rumah tangga merebusnya

Tanpa Lama Empukkan Daging, Buah Nanas Ampuh dengan Waktu Cepat
Kompas.com/Nazar Nurdin
ilustrasi Nanas 

TRIBUN-MEDAN.C0M - Untuk mengempukkan daging agar tidak keras saat dikonsumsi, biasanya ibu-ibu rumah tangga merebusnya dengan air hingga berjam-jam.

Hal ini akan memakan waktu cukup lama, juga menimbulkan beberapa dampak seperti pemborosan air dan gas akibat proses perebusan, pencemaran lingkungan lebih tinggi akibat limbah air rebusan daging, dan protein dalam daging lebih cepat terdenaturasi akibat proses pemanasan.

Untuk itu, terdapat cara alternatif yaitu menggunakan nanas. Mengapa demikian? Sebab di dalam nanas terdapat enzim bromelain.

Enzim ini termasuk dalam kelompok enzim protease sulfihidril yang mampu menghidrolisis ikatan peptida atau polipeptida menjadi asam amino pada protein.

Enzim ini dapat menghasilkan serat pada daging, sehingga membuat tekstur daging menjadi empuk dan lunak. Bagian nanas yang mengandung enzim bromelain adalah buah dan bonggol nanas.

Proses pengolahannya lebih mudah, yaitu dengan cara nanas diparut dan dibalurkan pada daging mentah.

Jika Anda memasak daging sebanyak 3 kg, maka Anda hanya cukup menambahkan nanas sebanyak 1 buah nanas. Berikut ini terdapat cara mengempukkan daging dengan nanas :

1       Daging dicuci terlebih dahulu sampai bersih.

2       Kupas kulit nanas dan cuci hingga bersih.

3       Potong buah nanas menjadi 2 bagian.

Halaman
12
Editor: Silfa Humairah
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help