TribunMedan/

Andrinof Chaniago Kasih Kiat Agar Generasi Milenial Segera Mendapatkan Pekerjaan

Andrinof menjelaskan, Indonesia akan mengalami bonus demografi yang terus meningkat setiap tahunnya dan puncaknya di era 2020.

Andrinof Chaniago Kasih Kiat Agar Generasi Milenial Segera Mendapatkan Pekerjaan
Tribun Medan/Fatah Baginda Gorby
Andrinof A. Chaniago saat pemaparan materinya di hadapan mahasiswa 

Laporan Wartawan Tribun, Fatah Baginda Gorby

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Komisaris Utama PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI), Mantan Menteri PPN/ Bappenas Andrinof A Chaniago, memberikan kiat-kiat sukses generasi milenial agar tidak menganggur setelah menyelesaikan kuliah.

Hal tersebut disampaikan Andrinof dalam pemaparan materinya di acara kuliah umum yang diselenggarakan di Gelanggang Mahasiswa USU, Senin (13/11/2017).

"Perlu diingat waktu tunggu para wisudawan setelah menyesaikan kuliahnya rata-rata enam bulan, namun makin ke depan makin bertambah," ujarnya.

Andrinof menjelaskan, Indonesia akan mengalami bonus demografi yang terus meningkat setiap tahunnya dan puncaknya di era 2020.

Baca: Kemanalah Para Wakil Rakyat Ini? Hanya 26 Orang yang Hadir Rapat Paripurna DPRD Sumut

"Jumlah angkatan kerja produktif kita yakni 150 juta orang. Generasi milenial berjumlah 30 juta orang yang memperebutkan lowongan pekerjaan," jelasnya.

Menurut Andrinof, generasi milenial tidak cukup berpangku tangan. Para lulusan universitas harus meningkatkan produktifitas dan posisi tawar di tenaga kerja.

"Caranya dengan berwirausaha mekakui aset yang dimiliki. Bermodal tidak uanya dengan finansial saja tapi juga memanfaatkan social kapital," ujarnya.

Baca: Siapa Lah yang Tega Kali Ini? Bayi Berpipi Tembem Dibuang, Ada Buku Yasin di Dekatnya

Anak muda, menurut Dosen Fisip Universitas Indonesia ini, juga harus kreatif dan inovatif serta menyesuakan diri dengan teknologi.

"Perlu pelihara intergritas. Di era teknologi sekarang, orang yang tidak berintergritas semakin tidak ada tempat," jelasnya.(*)

Penulis: Fatah Baginda Gorby Siregar
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help