TribunMedan/
Home »

Bisnis

» Mikro

Bank Sumut Minta Rp 78 M, DPRD Minta Kajian Bisnis Terhadap Penyertaan Modal

Bank Sumut meminta suntikan modal baru ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut sebesar Rp 78 Miliar.

Bank Sumut Minta Rp 78 M, DPRD Minta Kajian Bisnis Terhadap Penyertaan Modal
Tribun Medan/Sofyan Akbar
Anggota Komisi A dari Fraksi Partai Gerindra Ramces Simbolon 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Akbar

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Bank Sumut meminta suntikan modal baru ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut sebesar Rp 78 Miliar.

Hal itu dikatakan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Pemprov Sumut, Agus Tripriyono saat di ruang Paripurna DPRD Sumut, Senin (13/11/2017).

Ia mengatakan penyertaan modal terhadap Bank Sumut sudah menjadi kesepakatan para pemilik saham yang terdiri dari beberapa pemerintah daerah.

Dana penyertaan modal terhadap Bank Sumut, kata Agus, sudah dianggarkan di P-APBD 2017. Diperlukan persetujuan DPRD SUmut agar dana tersebut bisa dikucurkan.

"Penyertaan modal ditetapkan di dalam peraturan daerah (Perda). Kalau DPRD Sumut menyetujui penetapan Perda tersebut barulah penyertaan modal bisa dilakukan,"kata Agus.

Terkait masalah ini, Anggota Komisi A dari Fraksi Partai Gerindra Ramces Simbolon mengatakan Bank Sumut harus lebih dulu menjelaskan rencana bisnis mereka sebelum meminta suntikan dana.

Terutama dalam fungsinya sebagai katalisator pertumbuhan ekonomi serta distribusi permodalan terlebih bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di berbagai sektor di Sumut.

Dikatakan Ramces, tidak hanya fungsi pendorong pertumbuhan ekonomi di Sumut, Bank Sumut harus bisa menjelaskan apakah fungsi pemerataan melalui bantuan permodalan sudah mereka jalankan dengan maksimal.

"Jadi tidak bisa begitu saja kita menyetujui permintaan penyertaan modal bagi Bank Sumut. Harus jelas dulu diketahui seperti apa rencana bisnis mereka,"ujarnya.

Terpisah, Sekretaris Perusahaan Bank Sumut, Sulaiman mengatakan Bank Sumut sudah memberikan kajian bisnis kepada Pemprov Sumut sebelum meminta penyertaan modal kepada mereka.

"Kajian bisnis sudah kita berikan ke Pemprov Sumut, jadi sebelum meminta kita sudah menjabarkan keperluan sehingga meminta penyertaan modal tersebut,"katanya, Senin (13/11/2017).

Dikatakannya, Bank Sumut sudah membahas mengenai kajian bisnis kepada Pemprov Sumut. Namun sangat disayangkan Sulaiman tidak bisa merinci apa saja kajian bisnis yang sudah dibicarakan Bank Sumut kepada Pemprov.

"Kita hanya menunggu, kajian bisnis sudah kita berikan. Masalah disetujui atau tidak, itu tetap tergantung Pemprov Sumut. Intinya kita menunggu keputusan mereka,"ujarnya.

(akb/tribun-medan.com)

Penulis: Sofyan Akbar
Editor: Silfa Humairah
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help