TribunMedan/

Play off Piala Dunia 2018

Kegagalan ke Piala Dunia Jadi Catatan Hitam Persepakbolaan Italia, Berikut Statistik Laga

Azzurri tersingkir karena kalah agregat 0-1 menyusul hasil buruk pada leg pertama di kandang Swedia ketika mereka menyerah 0-1.

Kegagalan ke Piala Dunia Jadi Catatan Hitam Persepakbolaan Italia, Berikut Statistik Laga
MARCO BERTORELLO/AFP
Gianluigi Buffon (kedua dari kiri) memeluk Andrea Barzagli setelah timnas Italia bermain imbang 0-0 dengan Swedia pada partai kedua play-off Kualifikasi Piala Dunia 2018 di Stadion Giuseppe MEazza, Selasa (14/11/2017) dini hari WIB. 

TRIBUN-MEDAN-COM- Italia gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 setelah hanya mampu bermain imbang 0-0 dengan Swedia pada leg kedua play-off zona Eropa, Senin (13/11/2017) atau Selasa dini hari WIB.

Azzurri tersingkir karena kalah agregat 0-1 menyusul hasil buruk pada leg pertama di kandang Swedia ketika mereka menyerah 0-1.

Hasil minor ini tak lepas dari tanggung jawab Gian Piero Ventura sebagai nakhoda tim. Padahal, jika dilihat dari statistik Ventura sebagai pelatih timnas Italia, hasilnya tak terlalu buruk.

Ventura menjadi pelatih timnas Italia pada musim panas 2016 menggantikan Antonio Conte yang memilih hengkang setelah hanya mampu mencapai babak delapan besar Piala Eropa 2016. Saat itu Ventura baru saja meninggalkan posnya sebagai pelatih Torino yang sudah diembannya selama lima musim.

Pada laga perdana Ventura bersama Italia, pria yang sekarang berusia 69 tahun tersebut harus menanggung malu akibat kalah 1-3 dari Perancis di kandang sendiri dalam sebuah laga persahabatan.

Hasil ini langsung dibayar tuntas oleh Ventura empat hari kemudian saat Italia menang 3-1 atas Israel pada laga pembuka Kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup G zona Eropa. Dari 10 laga pada babak grup ini, Italia meraih tujuh kemenangan dan dua hasil imbang serta sekali kalah.

Koleksi 23 angka Italia membuat mereka harus puas berada di posisi kedua klasemen akhir, tertinggal lima angka dari Spanyol yang menjadi juara grup. Alhasil, Italia harus melakukan play-off untuk memperebutkan tiket ke Rusia.

Pada laga krusial tersebut, Ventura tak mampu membawa timnya meraih hasil maksimal. Setelah kalah di Swedia, mereka hanya mampu bermain imbang di kandang sendiri sehingga pupuslah harapan untuk tampil di Rusia pada musim panas tahun depan.

Secara keseluruhan, Ventura 16 kali menangani Gli Azzuri dengan catatan sembilan kemenangan, empat hasil imbang dan tiga kekalahan. Pria yang memulai karier sebagai pelatih di Napoli ini punya presentase kemenangan sebesar 56,25 persen.

Hasil ini lebih bagus daripada catatan Conte yang punya presentase kemenangan sebesar 56 persen selama melatih timnas Italia dari 25 laga. Pelatih Italia pada sejumlah periode sebelumnya juga punya catatan yang kebanyakan sama atau bahkan lebih buruk dari Ventura seperti Cesare Prandelli (44,64 persen), Roberto Donadoni (56,52 persen), Marcello Lippi (58,62 persen dan 42,31 persen) dan Giovanni Trappatoni (56,82 persen).

Meski begitu, kegagalan Ventura membawa Italia lolos ke Piala Dunia 2018 tentu menjadi catatan hitam bagi persepakbolaan Negeri Pizza. Azzurri untuk pertama kalinya gagal ke ajang empat tahunan ini sejak 1958 atau secara keseluruhan sudah tiga kali absen.(*)

Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help