TribunMedan/

KPU Siapkan Rp 1 Miliar untuk Tes Kesehatan Bakal Calon Gubernur Sumut

Iskandar mengatakan, penggunaan dana tersebut akan disesuaikan dengan jumlah pendaftar nantinya.

KPU Siapkan Rp 1 Miliar untuk Tes Kesehatan Bakal Calon Gubernur Sumut
Tribun Medan/Nanda
Komisioner KPU Sumut Yulhasni (paling kiri) dan Iskandar Zulkarnain (dua dari kiri) serta Sekretaris KPU Sumut Abdul Rajab (tiga dari kiri) dan Kepala Sub Bagian Teknis dan Humas KPUD Sumut Harry Dharma (paling kanan) foto bersama usai kegiatan di Rumah Makan Sederhana Jalan Putri Hijau, Medan, Selasa (14/11/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Nanda F. Batubara

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPU) Sumut menganggarkan lebih dari Rp 1 miliar untuk dana pemeriksaan kesehatan serta penetapan pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut 2018-2023.

Komisioner KPU Sumut Iskandar Zulkarnain, tak menampik adanya anggaran pemeriksaan kesehatan yang dinilai cukup besar itu. Kata dia, anggaran tersebut disiapkan untuk sepuluh pasang bakal calon.

"Anggaran Rp 1 miliar itu direncanakan untuk sepuluh bakal pasang calon. Walau pun sampai sekarang kita belum tahu berapa nanti. Apakah hanya ada satu pasangan calon, dua atau tiga. Tapi antisipasi sehingga menyediakan anggaran segitu," katanya di Rumah Makan Sederhana Jalan Putri Hijau, Medan, Selasa (14/11/2017).

Baca: BIKIN HEBOH! Warga Temukan Potongan Tubuh Manusia di Pinggir Sungai Tembung

Iskandar mengatakan, penggunaan dana tersebut akan disesuaikan dengan jumlah pendaftar nantinya. Bila tak habis terpakai, maka dana itu akan dikembalikan.

"Kalau nanti yang daftar tak sampai sepuluh, ya nanti sesuai aturan perundang-undangan dana itu kita kembalikan ke Pemprov Sumut," katanya.

KPUD Sumut dan Pemprov Sumut menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut 2018-2023 di Lantai IX Kantor Gubernur Sumut Jalan Pangeran Diponegoro, Medan, pada Senin (31/7/2017) lalu.

Total jumlah dana hibah yang disepakati adalah senilai lebih dari Rp 855 miliar. Tahap pembayarannya terbagi menjadi dua termin.

Yakni Rp 352 miliar ditampung pada APBD Sumut Tahun Anggaran 2017 dan sisanya pada APBD Sumut 2018.

Rincian total dana tersebut terdiri atas beberapa item. Yaitu untuk tahap persiapan dan perencanaan senilai lebih dari Rp 296, lalu untuk operasional dan administrasi perkantoran senilai Rp 198 miliar.

Kemudian untuk honorarium kelompok kerja dan pemilihan senilai Rp 33 miliar serta untuk honorarium penyelenggara pemilihan senilai Rp 327 miliar.(*)

Penulis: Nanda Fahriza Batubara
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help