TribunMedan/

Pengusaha Papan Reklame Jangan Membandel, Satpol PP Medan Akan Bertindak Tegas

Dengan menggunakan peralatan mesin las dan didukung satu unit mobil crane, petugas Satpol PP yang sudah terlatih

Pengusaha Papan Reklame Jangan Membandel, Satpol PP Medan Akan Bertindak Tegas
Tribun Medan / Hendrik
Papan reklame ilegal ditertibkan di Jalan Sudirman Simpang Jalan Uskup Agung Medan, Rabu (22/3/2017). (Tribun Medan / Hendrik) 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Ryan Achdiral Juskal

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Kepala Satpol PP Medan, Muhammad Sofyan me-warning keras para pemilik papan reklame agar tidak mencoba-coba mendirikan kembali papan reklame yang sudah dibongkar.

Sebab, mereka tidak akan mentolerir sedikit pun. Begitu diketahui didirikan kembali di lokasi semula, papan reklame tersebut langung dibongkar.

"Jangan sampai rugi dua kali, sebab seluruh material papan reklame yang kembali kita bongkar langsung disita dan menjadi milik Pemko Medan. Untuk itu saya ingatkan kepada pemilik papan reklame, supaya berpikir dua kali. Kalau mau mendirikan papan reklame, urus izin terlebih dahulu dan dirikan di lokasi yang telah ditetapkan sesuai dengan peraturan berlaku," kata Sofyan, Selasa (14/11/2017).

Baca: Target Pajak Reklame Rp 90 Miliar, Tapi Hanya Terealisasi Rp 19 Miliar

Proses pembongkaran kedua papan reklame tersebut pun berjalan lancar. Dengan menggunakan peralatan mesin las dan didukung satu unit mobil crane, petugas Satpol PP yang sudah terlatih tanpa kesulitan membongkar kedua papan reklame.

Sebelum dilakukan pembongkaran, arus listrik yang mengaliri kedua papan reklame lebih dulu diputus. Setelah memastikan arus listrik terputus, barulah petugas Satpol PP melakukan pembongkaran.

Untuk mencegah papan reklame tiba-tiba rubuh pada saat pembongkaran berlangsung, petugas satpol PP lebih dulu mengikat papan reklame yang dibongkar, dengan menggunakan tali sling dari mobil crane.

Selesai membongkar papan reklame, mobil crane pun perlahan-lahan menurunkannya sampai permukaan aspal.

Baca: Pansus Reklame Sebut Pengusaha Bangun Papan Iklan Sesuka Hati

Kemudian dilanjutkan dengan pencincangan menjadi beberapa bagian, untuk mempermudah bawa menggunakan truk menuju Lapangan Cadika Pramuka Jalan Karya Wisata.

Untuk mencegah pemilik mendirikan kembali papan reklame yang dibongkar, petugas Satpol PP pun membongkarnya sampai habis hingga rata dengan trotoar. Ia pun meminta kesadaran dari pengusaha pemilik papan reklame.

"Kita berharap kesadaran mereka. Bahwasanya yang mereka lakukan itu salah, karena tidak memiliki legalitas dan izin. Tindakan tegas kita ya kita bongkar, sebelumnya sudah kita surati. Mohon kesadarannya lah, kerja sama dengan baik. Kalau dia ngurus izin dan legalitas, kan ada retribusi pajak, dan akan bermanfaat juga bagi masyarakat," terangnya.(*)

Penulis: Ryan Achdiral Juskal
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help