TribunMedan/
Home »

Cetak

Baca Edisi Cetak Tribun Medan

PLN Kejar 20 Ribu Pelanggan Baru, Gandeng REI Sasar Perumahan Baru

Dibebankan target menyambung 20 ribu pelanggan baru pada 2017 dengan daya listrik 1.300 VA dan 2.200 VA.

PLN Kejar 20 Ribu Pelanggan Baru, Gandeng REI Sasar Perumahan Baru
Tribun Jateng/Wahyu Sulistiyawan
Petugas PLN melakukan perbaikan jaringan listrik 

TRIBUN-MEDAN.COM - Ada wacana pemerintah akan menyeragamkan daya listrik pelanggan, PLN Sumatera Utara tetap dibebankan target menyambung 20 ribu pelanggan baru pada 2017 dengan daya listrik 1.300 VA dan 2.200 VA. 

Untuk mencapai target itu, PLN Sumatera Utara melakukan pertemuan atau coffee morning bersama organisasi perumahan, Real Estate Indonesia (REI) Sumatera Utara di Hatel Gran Ashton Medan, Senin (13/11/2017).

"Dalam dua bulan ini, kami harus mencapai 20 ribu sambungan baru. Salah satu upaya merealisasikanya adalah mengandeng REI Sumut," ujar Manager Niaga PLN Wilayah Sumut Jadima Purba.

Pada pertemuan tersebut, PLN Wilayah Sumut mengajak REI Sumut, yang sedang membangun rumah, supaya segera mengajukan pemasangan listrik.

"Dengan pertemuan ini, saya persilakan para pengembang ajukan penyambungan baru untuk rumah-rumah yang dibangun. Apa yang menjadi kesulitan selama ini bisa disampaikan, dan akan segera kami selesaikan," ujar Jadima.

Para pengembang mengatakan, banyak biaya-biaya siluman yang harus mereka keluarkan, demi tersambungnya listrik, seperti pembangunan fasilitas sambungan listrik yang bisa mencapai Rp 400 juta.

Terkait keluhan para pengembang tersebut, Jadima mengatakan, tidak perlu membaya, karena itu gratis. Ia meminta agar pengembang membayar hal-hal yang sudah tercantum dalam aturan-aturan yang ditetapkan PLN.
Lantas bagaimana dengan ketersediaan daya listrik di Sumut? Jadima mengutarakan, ketersediaan daya listrik, yang menjadi dasar mereka menargetkan 20 ribu pelanggan baru hingga akhir 2017.

"Cukuplah. Daya kita kan sudah surplus. Karena surplus itulah makanya kami harus menyambung 20 ribu pelanggan baru. Kalau soal penyeragaman daya listrik apakah sudah ada, iat hal yang beda. Itu nantilah. Pembangkit baru pun nanti bisa bertambah, jika penyeragaman itu jadi," ujar Jadima.

Wakil Ketua Umum Bidang Pembiyaan dan Perbankan DPP REI Sumut Umar Husin mengatakan, pertemuan tersebut adalah kebijakan PLN Sumut, yang sangat membantu mereka. Sebab, mereka tidak terhambat lagi saat mengajukan sambungan listrik baru ke PLN.

"Tadi teman-teman menyampaikan apa keluhannya saat mengajukan sambungan listrik ke rumah-rumah. Langsung ditanggapi tadi sama PLN. Jadi sangat bagus. Apalagi untuk mendapat pembiayaan dari bank, ketersediaan listrik adalah aturan yang haru kami penuhi," ujarnya. (ryd/tribun-medan.com)

Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help