Makan Biaya Rp 2,8 Miliar, Proyek Drainase Humbahas Seperti Tambal Sulam

Bekas parit yang lama hanya ditambal semen pada dindingnya seperti ditemukan di Desa Pasaribu, Dolok Sanggul, Humbahas, Rabu (22/11/2017).

Makan Biaya Rp 2,8 Miliar, Proyek Drainase Humbahas Seperti Tambal Sulam
Tribun Medan/Arjuna
Kondisi Pembangunan Drainase Rp 2,8 Miliar di Kabupaten Humbang Hasundutan 

TRIBUN-MEDAN.COM, HUMBAHAS - Drainase yang dikerjakan Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Sumut di dua desa di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) terkesan asal jadi.

Bekas parit yang lama hanya ditambal semen pada dindingnya seperti ditemukan di Desa Pasaribu, Dolok Sanggul, Humbahas, Rabu (22/11/2017).

Terpampang pada papan proyek bertuliskan, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, satuan kerja Bidang Kawasan Permukiman, pekerjaan Penataan dan Peningkatan Kualitas Kawasan Permukiman Kumuh Provinsi di Kelurahan Pasar Doloksanggul dan Desa Pasaribu, Kabupaten Humbahas. Sumber dana APBD Provinsi, TA 2017, harga borongan Rp2.817.950.000, masa pelaksana 150 hari, penyediaan PT Parsaoran Membangun, Konsultan Pengawas CV Pelita Buana.

Erikson Simbolon, Pemerhati Pembangunan Humbahas mengatakan saluran pembuangan air dari drainase sebelah kiri badan jalan di dekat pemukikan warga juga tidak terlihat kemana akan diarahkan.

Baca: Banyak Persidangan, Hanya Dua Hakim Sidangkan Terdakwa Pemilik 130 Butir Ekstasi

Lalu, gorong-gorong yang ditempatkan di tengah jalan tersebut juga terlalu rendah dan akan menyebabkan air tidak mengalir dengan baik.

Dia menilai, pengerjaan tersebut salah merencanakan pembangunan sejak awal. 

Apalagi, ada titik lokasi yang lebih tepat untuk dibangun drainase selain di Desa Pasaribu dan Kelurahan Pasar tersebut.

"Menurut saya ini sudah salah merencanakan dari awal. Masih banyak titik lokasi drainase yang lebih tepat dibangun daripada di sini," sebutnya. 

Baca: Truk Sampah Tabrak Rumah Warga, Ternyata Sopir Habis Pakai Narkoba

Halaman
12
Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help