Oknum Polisi Dihukum Denda Babi dan Beras Akibat Ngamuk dan Rusak Pintu Warga

Sudah kena hukuman dari atasan, seorang polisi yang merusuh di tengah desa dituntut untuk membayar denda berupa babi dan sekarung beras.

Oknum Polisi Dihukum Denda Babi dan Beras Akibat Ngamuk dan Rusak Pintu Warga
Warta Nias
Briptu AM (wajah dikaburkan) berada di tengah tokoh masyarakat saat pembahasan di rumah korban. 

TRIBUN-MEDAN.com-Seorang personil dari Kepolisian Polres Nias dihukum secara adat di Desa Siwubanua II, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Kota Gunungsitoli, Rabu (22/11/2017) malam.

Penyebabnya diduga karena petugas polisi itu, Briptu MA, membuat kericuhan dan mengeluarkan perkataan kotor di tengah umum. Tidak itu saja, Briptu AM pun merusak pintu rumah seorang warga.

Dikutip dari Warta Nias, pemberian hukuman oleh para tokoh masyarakat ini menyedot perhatian warga Desa Siwalubanua II dan mendatangi rumah Yadieli Gea, Rabu (23/11/2017).

Di tempat itu hadir oleh tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan, pemeritahan setempat.

Dalam pertemuan itu disimpulkan bahwa Briptu AM telah merusak pintu rumah milik Yadieli Gea. Belum diketahui apa motif pengrusakan pintu rumah tersebut.

(Baca: Dapat Hadiah Rp 1 Miliar, Wanita Asal Nias Selatan Ini Tak Kuasa Menahan Tangis)

"Para tokoh adat menyepakati sanksi berupa denda terhadap perbuatan saudara MA yang telah menyebabkan keributan dan kegaduhan dilingkungan Desa Siwalubanua II berupa seekor babi, 20 perak atau firò, 1karung beras dan biaya kerusakan pintu sebesar 1 juta rupiah," ujar Sekcam Gunungsitoli Idanoi, Dasma Telaumbanua yang memfasilitasi permasalahan tersebut.

Telaumbanua mengatakan, pihaknya dengan ini sudah menyelesaikan penegakan hukum adat yang sudah berlaku turun temurun.

Kepolisian Polres Nias membenarkan bahwa oknum yang terlibat masalah di Desa Siwalubanua II tersebut adalah Personil Polres Nias Briptu AM.

"Oknumnya benar dari Polres Nias. Namanya Briptu AM," ujar Ps Paur Subbag Humas Polres Nias, Bripka Restu Gulo, Kamis (22/11/2017).

Restu Gulò menjelaskan bahwa Briptu AM saat ini sedang menjalani pemeriksaan secara institusi Polri di Polres Nias. (*)

Editor: Liston Damanik
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved