KPU Buka Pendaftaran Perseorangan, Dua Paslon Rajin Konsultasi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dairi hingga saat ini belum menerima berkas dukungan dari

KPU Buka Pendaftaran Perseorangan, Dua Paslon Rajin Konsultasi
Tribun Medan/Tommy
Fredy Sinaga, Komisioner KPU Dairi saat ditemui di Kantor KPU, Senin (27/11/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Tommy Simatupang

TRIBUN-MEDAN.com, SIDIKALANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dairi hingga saat ini belum menerima berkas dukungan dari pasangan calon (paslon) jalur perseorangan.

Pendaftaran jalur perseorangan (independent) telah dibuka mulai 25 November hingga ditutup 29 November pukul 24.00 WIB.

Komisioner KPU Dairi, Fredi Sinaga mengatakan saat ini baru ada dua tim paslon yang rajin konsultasi. Namun, belum menyerahkan berkas dukungan.

"Sampai saat ini belum ada yang datang. Yang konsultasi ada dua tim. Tapi belum menyerahkan dukungannya. Kami masih menunggulah," ujarnya saat ditemui di Kantor KPU Dairi, Senin (27/11/2017).

Fredi mengatakan paslon yang melakukan konsultasi banyak bertanya tentang cara meng-input data pendukung ke dalam aplikasi.

Saat disinggung apakah jumlah dukungan paslon perseorangan sudah mencukupi, Fredi mengatakan telah cukup.

"Saat berbincang dengan dua paslon tersebut, mereka bilang, dukungan mereka sudah lebih dari minimal persyaratan," katanya.

Namun demikian, pihak KPU tetap melakukan verifikasi data secara faktual. Verifikasi ini akan dilakukan langsung ke alamat yang tertera di e-KTP atau surat keterangan.

"Kami periksa kegandaan. Karena bisa saja data yang dimasukkan ke dalam aplikasi bisa sama. Lampitan foto kopi KTP juga harus sama persis,"ujarnya seraya mengatakan KPU juga memberikan tenggat waktu untuk perbaikan data dukungan perseorangan mulai 18-20 Januari 2018.

Diketahui, untuk mendaftar maju dalam bursa Pilkada Dairi lewat jalur independent dibutuhkan minimal 20.450 e-KTP/Suket dukungan yang tersebar minimal di delapan kecamatan dari 15 kecamatan di Kabupaten Dairi.

(tmy/tribun-medan.com)

Penulis: Tommy Simatupang
Editor: Silfa Humairah
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved