TribunMedan/

Canangkan Germas, Hefriansyah Siapkan Sarana Ruang Terbuka Hijau Ramah Lingkungan

Pemerintah Kota Pematangsiantar mencanangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Canangkan Germas, Hefriansyah Siapkan Sarana Ruang Terbuka Hijau Ramah Lingkungan
Tribun Medan/Arjuna
Walikota Pematangsiantar Hefriansyah melihat pameran makanan sehat berupa sayur dan buah-buahan dari masyarakat saat hadiri acara pencanangan Germas di lapangan Brimob jalan Ahmad Yani Pematangsiantar, Rabu (29/11/2017) 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Pemerintah Kota Pematangsiantar mencanangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Kegiatan Germas dibuka Wali Kota Pematangsiantar Hefriansyah di lapangan Brimob jalan Ahmad Yani Pematangsiantar, Rabu (29/11/2017)

Germas diharapkan untuk mempercepat dan mensinergikan upaya promotif dan preventif hidup sehat, untuk meningkatkan produktivitas, dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan penduduk akibat berbagai bahaya penyakit.

Melalui Dinas Kesehatan, tujuan kegiatan yang dilakukan jajaran Pemerintah Kota dan 750 orang ini adalah menyediakan dan mengembangkan sarana fisik ruang terbuka hijau publik.

Baca: Jalan Berlubang Ancam Keselamatan Pengendara

Kawasan bebas kendaraan bermotor, jalur sepeda dan pejalan kaki yang presentatif dan aman, pemanfaatan pekarangan rumah untuk tanaman sayur dan buah, melaksanakan kebijakan kawasan tanpa rokok.

Hefriansyah mengatakan, pembangunan kesehatan adalah upaya meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat. Prinsip Germas adalah kerjasama multi sektor dan pemangku kepentingan, antara sektor kesehatan, akademisi, dan sektor sektor lainnya.

"Mewujudkan Germas perlu sebuah sosialisasi agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai, sosialisasi ini dibutuhkan dukungan dan peran serta dari semua sektor terkait serta komitmen dan monitoring," katanya.

Baca: Diberi Pekerjaan, Mekanik Ini Malah Curi Sepeda Motor Majikan

Kegiatan utama yang akan digencarkan Germas yaitu peningkatan aktivitas fisik, peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan kualitas lingkungan, serta peningkatan edukasi hidup sehat.

Turut hadir Ketua TPKK, Syahputri Hefriansyah boru Hutabarat, anggota DPRD Pematangsiantar, unsur TNI dan Polri, Asisten Administrasi Umum Baren A Purba, Asisten Perekonomian M Akhir Harahap, pimpinan OPD, Kepala BPJS kesehatan, 750 lansia, perwakilan seluruh Puskesmas se-Kota Pematangsiantar, Perbankan. (*)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help