TribunMedan/

Banjir Sumut

Perabotan Warga Rusak Dampak Terendam Banjir

Dampak cuaca hujan yang terjadi di sejumlah daerah Sumatera Utara masih dirasakan warga. Di Kota

Perabotan Warga Rusak Dampak Terendam Banjir
Tribun Medan/Dedy
Rumah warga terendam genangan air, yang tadinya mulai surut kembali mencapai ketinggian selutut orang dewasa di Kelurahan Pondok Sayur Kecamatan Siantar Martoba, Minggu (3/12/2017)

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Dampak cuaca hujan yang terjadi di sejumlah daerah Sumatera Utara masih dirasakan warga. Di Kota Pematangsiantar hujan kembali terjadi sejak pukul 12.30 WIB, Minggu (3/12/2017)

Berawal gerimis selama hampir tiga jam lamanya, hujan lebat kembali melanda Kota Pematangsiantar.

Akibatnya, rumah warga terendam genangan air, yang tadinya mulai surut kembali mencapai ketinggian selutut orang dewasa di Kelurahan Pondok Sayur Kecamatan Siantar Martoba.

Amatan tribun-medan.com, dampak banjir berakibat perabotan rumah tanggga milik warga rusak parah dan bahkan tak bisa dipakai lagi. Alat meubel warga tampak mengapung di dalam rumahnya.

Beberapa warga ada yang terpaksa harus mengungsi ke rumah kerabat terdekat.

Warga Martoba, Marian mengatakan sejak pagi air banjir mulai berangsur surut, namun hujan yang kembali terjadi membuat debit air kembali naik.

Baca: Banjir Medan Makan Korban, Erni Histeris Melihat Warga Gendong Jasad Anaknya

Ia terpaksa merelakan beberapa perabotan yang tak sempat diselamatakan ke tempat yang lebih tinggi.

"Tadi pagi sudah mulai turun karena tidak hujan. Meski curah hujan mulai reda, air tetap merendam pemukiman warga. Ini air banjir susulan datang dari atas dan kemari," ujarnya.

Warga korban banjir lainnya, H Harahap berujar, pihaknya belum ada mendapat bantuan logistik. Perkakas dapur warga banyak yang tak berfungsi akibat banjir. Ia juga mengaku belum mendapat bantuan dari Pemerintah Kota Pematangsiantar.

"Apa-apa payah. Pemko belum ada kasih bantuan. Warga di sini masak aja pun payah,ć pungkasnya.

Sebelumnya, Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Siantar sudah mulai turun tangan bekerja. Mereka melakukan penyedotan air di beberapa rumah warga yang terendam banjir.

"Kita akan melakukan upaya penyedotan air dan membantu warga mengevakuasi perabotan yang menggenangi rumah warga tersebut," ungkap petugas BPBD.

(Dyk/tribun-medan.com)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Silfa Humairah
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help